Profil Pondok Pesantren Riyadlus Sholihin Jawa Timur



PROFIL PONDOK PESANTREN RIYADLUS SHOLIHIN

Pondok Pesantren merupakan lembaga “Tafaqquh fii ad-din” (memperdalam ilmu-ilmu agama) yang bergerak dalam berbagai bidang yaitu dakwah islamiyah, pendidikan, pengajaran dan pelayanan sosial.

Pondok Pesantren Riyadlus Sholihin  sebagaimana pondok pesantren yang lain pada umumnya juga bergerak dalam tiga bidang tersebut di atas. Sebagai konsekwensi logis dari hal tersebut adalah dengan mengadakan lembaga pendidikan baik pendidikan formal maupun non formal. Adapun lembaga pendidikan yang ada di pesantren ini yaitu mulai tingkat Taman Kanak-kanak (TK) sampai Perguruan Tinggi. Lembaga itu ada yang berafiliasi kepada Departemen Agama (Depag) dan kepada Departemen Pendidikan Nasional . Untuk pendidikan non formal ( diniyah ) adalah Madrasiah Diniyah Ula, Madrasiah Diniyah Wustho dan Madrasiah Diniyah Ulya. Pada program diniyah setiap santri yang lulus kelas Diniyah Wustho wajib melakukan tugas mengajar diluar pesantren selama satu tahun.

Berdirinya lembaga-lembaga tersebut dimaksudkan agar para santri dapat menyeleksi dan memilih sekolah sebagai tempat studi yang sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan dirinya serta prospek masing-masing. 

Pondok Pesantren Riyadlus Sholihin berdiri secara resmi mulai tanggal 20 Pebruari 1971 oleh Al Habib Muhammad bin Ali Al Habsyi sekaligus sebagai Pengasuh pertama sampai dengan tahun 2005, dan pada tahun 2000 mendapat SK. Kantor Wilayah Departemen Agama Jawa Timur tanggal 26 Nopember 2000 Nomor : Wm.6.03/PP.03.2/4152/SKP/2002 

Pada perkembangan selanjutnya Pondok Pesantren Riyadlus Sholihin mendirikan lembaga – lembaga diniyah dari tingkat ibtidaiyah sampai aliyah. 

Sejak berdirinya PP. Riyadlus Sholihin ini sampai saat ini telah mengalami dua kali pergantian Pengasuh  yaitu :

1. Al Habib Muhammad bin Ali Al Habsyi., Lahir di Surabaya tanggal 20 Pebruari 1945, beliau adalah alumni  PP. Darul Hadis Malang yang diasuh oleh Al Habib Abdulloh bin Abdul Qodir Bilfaqih dan alumni pondok pesantrn Assyaid Maliki yang diasuh oleh Prof. DR. Assayid Muhammad bin Alwi bin Abbas Al Maliki Al Hasani Makkah, sebagai Perintis sekaligus sebagai Pengasuh yang pertama.

2. Al Habib Hadi Zainal Abidin bin Muhammad bin Ali Al Habsyi, Lahir di Probolinggo tanggal 15 Mei 1978.

3. Dikarenakan putra pertama beliau yaitu Al Habib Ali Zainal Abidin bin Muhammad bin Ali Al Habsyi masih berada di mekkah untuk menimba ilmu. Pada tanggal 15 Mei 2007. Putra pertama beliau kembali ke Indonesia untuk meneruskan perjuangan ayahnya bersama adik beliau yaitu Al Habib Hadi Zainal Abidin bin Muhammad bin Ali Al Habsyi .

Sejak berdirinya PP. Riyadlus Sholihin ini sampai saat ini telah mengalami delapan kali pergantian Kepala Pondok  yaitu :

 1. Ust. Masuqi Arbai | Masa Bhakti 1971 – 1980
 2. Ust. H. Sya'roni | Masa Bhakti 1980 -  1989
 3. Ust. Cholil Abdul Chamid | Masa Bhakti 1989 -  1995 
 4. Ust. Munhasir | Masa Bhakti 1995 – 1996 
 5. Ust. Supandi | Masa Bhakti 1996 –  1997 
 6. Ust. Nukman Hadi | Masa Bhakti 1997 -   2000
 7. Ust. Suhlal Hadi | Masa Bhakti  2000 -   2002
 8. Ust. Khafid Akhmad S. | Masa Bhakti 2002 - Sekarang


Asrama Pondok Putra Lama ( A1 - B2 ) 

Asrama Pondok Putra Lama ( B3 - B7 )

Asrama Pondok Putra Lama ( C1 - C7 )

Sumber : riyadlussholihin.com

Jika ingin mencontact Pondok Pesantren Riyadlus Sholihin bisa melalui email E-Mail : riyash.ketapang@gmail.com

Wallahu a'lam Bishowab 

Allahuma sholii 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim 
Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close