Kenali Sifat Dasar Yang Ada Pada Diri Manusia


KENALI SIFAT DASAR YANG ADA PADA DIRI MANUSIA 

Guru Mulia Al-Habib Umar bin Hafidz :

Sesunguhnya manusia, dalam hidupnya dibekali empat sifat, diantaranya adalah sifat binatang buas, sifat binatang ternak, sifat setan, dan sifat ketuhanan, Jika ia marah maka sifat binatang buasnya menguasai dirinya sehingga ia berbuat kasar kepada orang lain, jika ia senang makan dan minum maka sifat binatang ternaknya menguasai dirinya, Jika ia menyucikan dirinya maka sifat ketuhanannya menguasai dirinya.

Hal ini yang disebutkan dalam firman Allah SWT:

"Ruh itu termasuk urusan Tuhan-ku" (Q.s Al-Israa' ; ayat 85)

Jika sifat ketuhanannya telah menguasai dirinya, maka orang itu akan merendhkan dirinya, ia gemar mencari ilmu, sehingga ia terlepas dari sifat kebinatangannya dan sifat setannya. Maka ia menggunakan akal dan pikirannya untuk membedakan mana yang baik mana yang buruk.

Kesimpulannya, pada diri manusia terdapat berbagai macam sifat, jika ia sedang rakus maka ia bagai seekor babi, jika ia sedang marah maka bagai seekor anjing. pada waktu itu setan selalu menggoda sifat rakusnya dan sifat kemarahannya.

Yang dapat mencegah semua itu adalah akal pikirannya , karena akal pikirannya akan mencegah dari godaan setan, akan mengendalikan nafsunya dari kerakusan dan kemarahan.

Jika ia dapat mengendalikan dirinya dari segala sifat yang buruk, maka keadaannya akan lurus dan ia akan berjalan diatas jalan yang lurus. Tetapi jika ia tidak dapat menggunakan akal pikirannya untuk menolak pengaruh kerakusannya, kemarahannya , jadilah ia bagai seekor anjing dan babi.

Wallahu a'lam Bishowab

Allahumma sholli 'ala Sayyidina Muhammad wa'ala alihi washobihi wasalim
  
Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close