Nama-Nama Malaikat Dalam Islam Beserta Tugasnya



RUMAH-MUSLIMIN - Percaya kepada malaikat merupakan Rukun Iman yang kedua. Iman kepada malaikat artinya meyakini dan percaya bahwa malaikat adalah makhluk ciptaan Allah, yang Allah ciptakan dari Nur (cahaya) dan boleh menyerupai berbagai bentuk, malaikat tidak sama dengan manusia, malaikat bukan laki-laki dan bukan perempuan  dan tidak bersifat seperti sifatnya  manusia. dalam menjalankan tugasnya Malaikat selalu tata dan patuh terhadap perintahNya Allah, dan senantiasa tunduk kepada Allah. jadi kita sebagai orang-orang muslim wajib meyakini dan mempercayai itu semua, walaupun kita tidak pernah melihat malaikat. Ada 10 Malaikat yang wajib kita ketahui. berikut penjelasannya:


Dalil Tentang Percaya Kepada Malaikat

Setiap orang yang beriman wajib percaya kepada Malaikat-Malaikat Allah, Sebagaimana Firman Allah SWT dalam Al-qur'an Surah Al-Baqarah ayat 285 :

آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ ۚ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ ۚ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا ۖ غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ

Artinya: "Rasul telah beriman kepada Al-qur'an yang diturunkan kepadanya dari Tuhan-Nya, demikian pula orang-orang yang beriman, semuanya beriman kepada Allah, Malaikat-malaikatNya, Kitab-KitabNya, dan Rasul-RasulNya, (mereka mengatakan) : " kami tidak membeda-bedakan antara seseorang pun (dengan yang lain) dari Rasul-RasulNya," dan mereka mengatakan: " Kami dengar dan Kami taat." (mereka berdoa) : "ampunilah kami Ya Allah Ya Tuhan kami dan hanya kepada Engkaulah tempat kembali." (QS. Al-Baqarah:285)


10 Nama-Nama Malaikat Yang Wajib Diketahui


1) Malaikat Jibril bertugas untuk menyampaikan wahyu

2) Malaikat Mikail bertugas untuk menurunkan hujan

3) Malaikat Israfil bertugas untuk meniupkan sangkalkala pada saat terjadinya hari kiamat dan pada saat manusia dibangkitkan dari alam kubur, dan pada saat manusia dikumpulkan kepadang mahsyar.

4) Malaikat Izrail bertugas untuk mencabut nyawa semua makhluk Allah, termasuk para malaikat, para nabi dan jin.

5) Malaikat Mungkar bertugas untuk memeriksa dan menanyakan mayit didalam qubur.

6) Malaikat Nangkir bertugas untuk memeriksa dan menanyakan mayit didalam qubur.

7) Malaikat Raqib bertugas untuk mencatat amal kebaikan manusia selama hidup didunia, sekecil apapun kebaikan manusia maka tetap akan tercatat oleh malaikat raqib.

8) Malaikat Atid  bertugas untuk mencatat amal keburukan manusia selama hidup didunia walau sekecil apapun perbuatan yang manusia buat tetap akan tercatat.

9) Malaikat Malik bertugas untuk menjaga pintu neraka, yaitu suatu tempat yang hina yang diperuntukkan untuk orang-orang yang selama hidup didunia selalu berbuat kejahatan dan tidak pernah mengerjakan perintah Allah. sungguh orang tersebut kelak akan masuk kedalam neraka yang kekal selama-lamanya. nauzubillah.

10) Malaikat Ridwan bertugas untuk menjaga pintu syurga yaitu sebagai tempat yang teristimewa  yang telah dikhususkan bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dan selalu taat dan patuh terhadap perintahNya.

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholii 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close