Ajaran Kasih Syekh Abdul Qadir Al-Jaelani


AJARAN KASIH SYEKH ABDUL QADIR JAILANI

Syekh Abdul Qadir Al-Jailani mengatakan:

"Ingatlah Rabbmu, Azza wa Jalla dalam keadaan sunyi atau ramai. Jadikan Dia sebagai pusat perhatianmu, seakan-akan engkau melihat-Nya. Jika engkau tidak melihat-Nya, yakinlah bahwa Dia melihatmu.

Barangsiapa yang berdzikir dengan hatinya, berarti ia telah mengingat-Nya. Sedangkan yang tidak berdzikir dengan hatinya, ia tidak mengingat-Nya.

Lisan itu tanda bagi hati dan pengikutnya. Sering-seringlah mendengar nasihat, sebab bila hati tidak mendengar nasihat, akan menjadi buta. Sungguh, hakikat tobat adalah mengagungkan perintah-Nya dalam segala hal.

Maka, salah seorang ulama berkata, "Segala kebaikan itu ada dalam dua kalimat saja: 'Mengagungkan Allah dan sayang kepada makhluk-Nya.' Setiap orang yang tak mengagungkan perintah Allah dan tidak menyayangi makhluk-Nya, berarti ia orang yang jauh dari Allah."

Allah Azza wa Jalla pernah berfirman kepada Musa a.s.:
"Berkasih sayanglah agar Aku menyayangimu. Sesungguhnya Aku Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Barangsiapa yang menyayangi, maka Aku pun menyayanginya dan akan memasukkannya ke surga-Ku."

Maka beruntunglah orang-orang yang memiliki sifat kasih sayang pada sesama."

---Syekh Abdul Qadir Al-Jailani dalam kitab Al-Fath Ar-Rabbani wa Al-Faidh Ar-Rahman

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholii 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim
   
Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close