Kisah Adab Makan Orang Shaleh Ketika Makan Bersama


Al Habib Umar Bin Hafidz pernah bercerita:

Dahulu ada orang orang soleh. Ketika mereka hendak makan, masing masing diantara mereka mempunyai makanan yang banyak dan ada juga yang mempunyai makanan yang sedikit. Kemudian berkata salah seorang dari mereka, " kita kumpulkan saja makanan kita bersama, kita makan dalam keadaan lampu terpadam." (Dgn bermaksud supaya tidak ada yang rasa malu untuk makan)

Maka makanlah mereka dalam keadaan gelap. Dalam keadaan gelap, tanpa ada suara percakapan kecuali bunyi piring dan kunyahan makanan. Setelah beberapa lama, maka berkata salah satu, " sudah selesai?" Dengan serempak mereka menjawab, "Alhamdulillah sudah"

Kemudian dinyalakan lampu, dan ternyata makanan makanan tadi yg dikumpulkan tetap pada tempatnya. Tidak ada satu pun yang mengambil. Masing masing mengharap sahabat mereka yang makan sampai habis tetapi didapati tidak ada seorang pun daripada mereka yang makan. 

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholii 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close