Pengertian Tahrif, Ta'thil, Takyif dan Tamtsil


PENGERTIAN TAHRIF, TA'THIL, TAKYIF DAN TAMTSIL

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan istilah Tahrif, Ta'thil,Takyif dan Tamtsil. Berikut penjelasannya :

1. Tahrif 
bermaksud mengubah atau mentakwilkan sesuatu nas al-Sifat kepada makna yang lain yang menyimpang dari makna asal nas al-Sifat tersebut. Contohnya mentakwilkan sifat Tangan bagi Allah kepada makna “kekuasaan” atau “kekuatan” dan Sifat al-Istiwa’ Allah di atas ‘Arasy sebagai menguasai ‘Arasy.

$ads={1}

2. Ta’thil 
bermaksud menafikan atau menolak sesuatu nas al-Sifat Allah. Contohnya menolak sifat Tangan (al-Yad), Bersemayam (al-Istiwa’), Wajah (al-Wajh) dan lain-lain sebagai sifat yang hakiki bagi Allah, sebaliknya menganggap ianya hanyalah sebagai suatu bentuk kiasan (majaz).

3. Takyif 
Yiaitu membayangkan atau memikirkan secara mendalam tentang ciri- ciri, bentuk dan cara sesuatu nas al-Sifat Allah atau takyif (mempersoalkan kaifiyatnya/hakikatnya )

4. Tamtsil
Yaitu memisalkan atau mengumpamakan Allah dengan sesuatu yang lain seperti mengatakan sifat Tangan bagi Allah adalah sama seperti sifat tangan bagi makhluk yang beranggota dan berjisim. Ini sebagaimana yang menjadi pegangan golongan al-Musyabbihah dan al-Mujassimah.

$ads={2}

Demikian Artikel " Pengertian Tahrif, Ta'thil, Takyif dan Tamtsil "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close