Apakah benar pendapat yang mengatakan bahwa berbuat sombong kepada orang yang memiliki sifat sombong termasuk sedekah?


Pertanyaan: 

Apakah benar pendapat yang mengatakan bahwa berbuat sombong kepada orang yang memiliki sifat sombong termasuk sedekah?

Guru Mulia Habib Umar bin Hafidz menjawab:


Dalam kondisi seperti yang dikatakan diatas, dibolehkan seseorang menyombongkan kelebihan yang nampak pada anggota badannya dan bukan sombong dalam hati.

Namun perbuatan itu harus disertai keyakinan bahwa orang yang dianggap sombong itu boleh jadi lebih utama dari dirinya disisi Allah swt.

Perbuatan seperti ini tergolong salah satu cara unuk menyembuhkan dan membantu saudara kita agar bisa sembuh dari penyakit sombong. Dan ini boleh dilakukan jika dirasakan dapat menyembuhkan penyakit sombong orang ybs,

Seperti dengan cara menampakkan ketidak pedulian kepadanya, tanpa perasaan dalam hati bahwa kita lebih utama dari orang yang diduga memiliki sifat sombong tersebut.

Hal ini merupakan salah satu cara untuk mengajarkan sifat-sifat baik padanya.

Sedangkan sifat sombong dalam hati tidak diperbolehkan kepada siapapun, walau kepada orang yang paling sombong.

Jika sekedar memperlihatkan ketidak pedulian pada orang sombong itu atau menampakkan kekasaran, karena ingin mengobati penyakit sombongnya, maka hal ini dibenarkan bagi mereka yang mungkin dapat diobati penyakit sombongnya dengan cara seperti ini..

 
Wallahu a'lam Bishowab
 
Allahuma sholi 'ala sayidina muhammad nabiyil umiyi wa 'ala 'alihi wa shohbihi wa salim
 
Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close