Hadist Qudsi Pembuka Hati


HADIS QUDSI PEMBUKA HATI

Allah SWT berfirman: 

“Wahai anak Adam! 
Aku tidak menciptakan kalian bukan untuk memperbanyak jumlah kalian dari yang tadinya sedikit, bukan untuk mengajak berkawan dengan kalian setelah merasa kesepian, bukan pula untuk meminta bantuan kalian atas sesuatu yang Aku tak sanggup lakukan, bukan pula untuk mengambil manfaat atau menolak mudarat apa pun. Namun, Aku menciptakan kalian agar kalian senantiasa beribadah kepada-Ku, agar kalian banyak bersyukur kepada-Ku, serta agar kalian bertasbih kepada-Ku pagi dan petang.

Wahai anak Adam! 
Seandainya seluruh generasi terdahulu dan kemudian, dari golongan jin dan manusia, yang kecil dan yang besar, yang merdeka dan yang menjadi hamba, semuanya berkumpul untuk taat kepada-Ku, maka hal itu tak akan menambah kerajaan-Ku sedikit pun.

Siapa yang berjihad, sebenarnya ia berjihad untuk dirinya sendiri. Sungguh, Allah Mahakaya, tidak membutuhkan apa pun di seluruh alam ini. Wahai Anak Adam! Sebagaimana engkau menyakiti-Ku, maka seperti itu pula kau akan dibalas. Dan, sebagaimana engkau berbuat, maka seperti itu pula kau akan dibalas.

يَقُوْلُ اللهَ تَعَالَى: 
يَابْنَ آدَمَ! 
مَا خَلَقْتُكُمْ لأَسْتَكْثِرُ بِكُمْ مِنْ قِلَّةٍ، وَلاَ لأَسْتَأْنِسَ بِكُمْ مِنْ وَحْشَةٍ، وَلاَ لأَسْتَعِيْنَ بِكُمْ عَلَى أَمْرٍ عَجَزْتُ عَنْهُ، وَلاَ لِجَلْبِ مَنْفَعَةٍ، وَلاَ لِدَفْعِ مَضَرَّةٍ، بَلْ خَلَقْتُكُمْ لِتَعْبُدُوْنِي طَوِيْلاً، وَتَشْكُرُوْنِي كَثِيْرًا، وَتُسَبِّحُوْنِي بُكْرَةً وَأَصِيْلاً. 
يَابْنَ آدَمَ! 
لَوْ أَنَّ أَوَّلَكُمْ وَآخِرَكُمْ، وَجِنَّكُمْ وَإِنْسَكُمْ، وَصَغِيْرَكُمْ وَكَبِيْرَكُمْ، وَحُرَّكُمْ وَعَبْدَكُمْ، اِجْتَمَعُوا عَلَى طَاعَتِي مَا زَادَ ذَلِكَ فِي مُلْكِي مِثْقَالَ ذَرَّةٍ. وَمَنْ جَاهَدَ فَإِنَّمَا يُجَاهِدُ لِنَفْسِهِ، إِنَّ اللهَ لَغَنِيٌّ عَنِ الْعَالَمِيْنَ. يَابْنَ آدَمَ! كَمَا تُؤْذِي يُؤْذَي بِكَ، وَكَمَا تَعْمَلُ يُعْمَل بِكَ.

---Imam Al-Ghazali, Kitab Al-Mawaizh fi Al-Ahadis Al-Qudsiyyah

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholii 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close