Hukum Shalat Jum’at Jika Bertepatan Dengan Hari Raya


Hari Raya Pada Hari Jum’at?
Diterjemahkan Oleh: H. Abdul Somad, Lc., MA.
somadku@yahoo.com
somadmorocco.blogspot.com
Fiqh as-Sunnah, Syekh Sayyid Sabiq, juz: 1, halaman: 316.

اجتماع الجمعة والعيد في يوم واحد
إذا اجتمع الجمعة والعيد في يوم واحد سقطت الجمعة عمن صلى العيد، فعن زيد بن أرقم قال: صلى النبي صلى الله عليه وسلم ثم رخص في الجمعة فقال: (من شاء أن يصلي فليصل) رواه الخمسة وصححه ابن خزيمة والحاكم.
وعن أبي هريرة أنه صلى الله عليه وسلم قال: (قد اجتمع في يومكم هذا عيدان، فمن شاء أجزأه من الجمعة وإنا مجمعون) رواه أبو داود.
ويستحب للامام أن يقيم الجمعة ليشهدها من شاء شهودها، ومن لم يشهد العيد لقوله صلى الله عليه وسلم: (وإنا مجمعون).
وتجب صلاة الظهر على من تخلف عن الجمعة لحضوره العيد عند الحنابلة.
والظاهر عدم الوجوب، لما رواه أبو داود عن ابن الزبير أنه قال: عيدان اجتمعا في يوم واحد، فجمعهما فصلاهما ركعتين بكرة، لم يزد عليهما حتى صلى العصر.

Hari raya bertepatan jatuh pada hari Jum’at
Jika hari Jum’at dan hari raya bertepatan jatuh pada hari yang sama, maka kewajiban melaksanakan shalat Jum’at gugur dari orang yang telah melaksanakan shalat ‘Ied. Dari Zaid bin Arqam, ia berkata, “Rasulullah Saw melaksanakan shalat (‘Ied), kemudian beliau memberikan keringanan untuk melaksanakan shalat Jum’at. Beliau berkata, “Siapa yang mau melaksanakan shalat Jum’at, maka hendaklah ia melaksanakannya”. Diriwayatkan oleh imam yang lima, dinyatakan shahih oleh Ibnu Khuzaimah dan al-Hakim.
Dari Abu Hurairah, Rasulullah Saw bersabda, “Dua hari raya ini telah berkumpul pada hari kamu. Siapa yang mau, maka shalat Jum’at sudah mencukupi baginya dan kita telah menggabungkannya”. (HR. Abu Daud).
Imam dianjurkan untuk melaksanakan shalat Jum’at agar mereka yang ingin melaksanakan shalat Jum’at dapat melaksanakannya dan bagi mereka yang tidak melaksanakan shalat ‘Ied. Berdasarkan sabda Rasulullah Saw, “Dan kami telah berkumpul (pada shalat ‘Ied)”.
Wajib melaksanakan shalat Zhuhur bagi orang yang tidak melaksanakan shalat Jum’at karena ia telah melaksanakan shalat ‘Ied, demikian menurut Mazhab Hanbali.
Menurut pendapat yang kuat: tidak wajib, berdasarkan riwayat Abu Daud dari Ibnu az-Zubair, ia berkata: “Dua hari raya (‘Ied dan hari Jum’at) bergabung dalam satu hari. Menggabungkannya, beliau melaksanakan shalat dua rakaat pada waktu pagi (shalat ‘Ied), beliau tidak menambah shalat lagi hingga beliau melaksanakan shalat ‘Ashar.



Dikutip Dari Silsilah Liqa’at al-Bab al-Maftuh, Syekh ‘Utsaimin.

حكم صلاة الجمعة إذا وافقت يوم عيد:
___________________________________
السؤال: إذا وافق يوم الجمعة يوم عيد هل يصلى العيد بنية الجمعة؛ ليسقط عنه الظهر والجمعة؟
___________________________________
الجواب: الصحيح أن من يدرك العيد مع الإمام فإنه يرخص له في الجمعة إن شاء حضر وإن شاء لم يحضر، ولكن إذا لم يحضر يجب أن يصلي ظهراً؛ لأنه إذا سقطت الجمعة فلها بدل وهو الظهر، وهذا بالنسبة للمأمومين، أما الإمام فيلزمه أن يقيم الجمعة، ولا تجزئ صلاة العيد عنها؛ لأن النبي صلى الله عليه وسلم كان يقيم العيد والجمعة إذا كانا في يوم واحد. 

Hukum Shalat Jum’at Jika Bertepatan Dengan Hari Raya.

Pertanyaan:

Jika hari Jum’at bertepatan dengan hari raya, apakah melaksanakan shalat ‘Ied dengan niat shalat Jum’at untuk menggugurkan kewajiban shalat Zhuhur dan shalat Jum’at?

Jawaban:

Menurut pendapat yang shahih, bagi orang yang telah melaksanakan shalat ‘Ied bersama imam, maka ia diberi keringanan, jika ia mau maka ia boleh datang melaksanakan shalat Jum’at dan jika ia tidak mau maka ia boleh tidak shalat Jum’at. Akan tetapi jika ia tidak datang melaksanakan shalat Jum’at, ia tetap wajib melaksanakan shalat Zhuhur. Karena jika kewajiban melaksanakan shalat Jum’at gugur, maka gantinya adalah shalat Zhuhur. Ini bagi ma’mum. Sedangkan imam, ia mesti melaksanakan shalat Jum’at, tidak cukup hanya melaksanakan ‘Ied saja, karena Rasulullah Saw melaksanakan shalat ‘Ied dan shalat Jum’at jika hari raya bertepatan jatuh pada hari Jum’at.

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholii 'alaa sayyidina muhamammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close