Jenis-Jenis Dosa


Habib Ali Al-Jufri :

-- Jenis Jenis Dosa --

Lembaran-lembaran dosa manusia di golongkan menjadi 3 golongan :

1. Lembaran dosa yang pelakunya dapat diampuni

Yaitu semua kedurhakaan dan dosa yang ada diantara hamba dan Allah , bila pada diri hamba terdapat penyesalan yang benar dan hakikat yang dihasilkan dari ilmu. Sehingga penyesalan itu melahirkan keteguhan dan tekad yang kuat untuk meninggalkan dosa-dosa itu semua, itulah di sebut taubat nasuha. Maka Allah pun akan mengampuninya atas- dosa-dosanya seluruhnya.

2. Lembaran dosa yang pelakunya tidak akan diampuni 

Yakni dosa syirik Akbar, syirik besar. Syirik besar adalah meyakini adanya Tuhan selain Allah SWT. NAMUN dosa ini tidak akan terjadi pada umat sayyidina Muhammad shalallahu alaihi wasallam. Sebagaimana ubapan beliau saw : “ Sesungguhnya aku, DEMI ALLAH, tidaklah takut kalian berbuat syirik (akbar) setelahku, akan tetapi yang aku takutkan adalah akan dibukanya dunia atas kalian.”

"dan aku Demi Allah tidak merisaukan kalian akan musyrik setelah aku wafat, tapi yg kutakutkan adalah keluasan duniawi atas kalian" (Shahih muslim hadits no.2296, shahih Bukhari hadits no.1297, 3401, 3816)

3. Lembaran dosa yang tidak tergugurkan

Yakni dosa yang dilakukan berkaitan dengan hak-hak manusia, hak-hak yang berkaitan dengan makhluk. Inilah yang semestinya membuat seseorang yang sedang berjalan menuju Allah SWT bersunggug-sungguh dalam menunaikan hak-hak itu.

Wallahu a'lam Bishowab

Allahumma Sholli 'ala Sayyidina Muhammad wa 'ala alihi wa Shobihi wasalim 

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close