Keistimewaan Kota Tarim


KEISTIMEWAAN KOTA TARIM

Hadramaut, mendengar kata itu seolah kita diajak berpetualang kezaman para Nabi dan Rasul. Lembah gersang yang berada di negara paling ujung selatan jazirah Arab tersebut lebih dikenal dengan istilah Al Ahqoff dalam Al qur'an dan menyimpan berjuta-juta rahasia yang tidak diketahui oleh khalayak ramai. kendati tanahnya yang sangat gersang dan cuacanya yang begitu ekstrim, hal itu tidak menyurutkan betapa gigihnya para wali dan ulama Hadramaut untuk untuk terus berjuang menyebarkan panji-panji syari'at Islam. Banyak para wali dan ulama di Hadramaut bermunculan laksana suburnya rumput hijau yang tumbuh ditaman yang asri

Kota Tarim

Tarim merupakan salah satu kota di negeri Hadramaut, Yaman. Terletak kurang lebih 500 km dari ibu kota Yaman, Shana'a, Tarim adalah sebuah kota yang tergolong subur dan makmur.Kota tersebut adalah kota bersejarah dan memiliki banyak kemuliaan dari Allah, berkat do'a kholifah Rasulullah, Sayyidina Abu Bakar ash-Shiddiiq radhiyallahu'anhu. Beliau pernah menuturkan, "Apabila aku bermimpi masuk ke kota tarim, maka keesokan harinya hatiku terasa bahagia, dan kebahagiaan itu aku rasakan selama tiga hari. Dan bila aku berziarah ke kota itu, maka kebahagiaan itu aku rasakan selama tujuh hari tujuh malam. Para salafunas sholihin banayk menyebut kota Tarim dengan "Madinat us-Shiddiiq". karena pada saat kholifah Rasulullah, Sayyidina Abu Bakar as-Shiddiiq radhiyallahu'anhu meminta sumpah setia kepada penguasa kota tarim saat itu, yang bernama Ziyad bin Lubeid al-Anshoriy, maka sumpah itu disambut baik oleh penguasa Tarim dan seluruh penduduk kota itu, tanpa terkecuali. Pada saat berita ini sampai kepada kholifah Sayyidina Abu Bakar, beliau langsung berdoa dengan 3 permohonan yang beliau panjatkan kepada Allah Ta'alaa hanya khusus untuk kota Tarim dan penduduknya, yaitu:

1. Mudah-mudahan Allah memberikan kemakmuran untuk kota tarim.
2. Mudah-mudahan Allah memberkahi kesuburan tanahnya dan sumber airnya.
3. Mudah-mudahan Allah memberkahi Tarim dengan banyaknya para ulama yang sholih dan menjadikannya negeri yang subur akan awliya-Nya (para wali Allah).

Saat dibacakan dihadapan Habib Ali bin Muhammad Alhabsyi (shohib simtud duror) tentang kesholihan dan ketinggian ilmu para salaf sholih radhiyallahu'anhum yang ada di Tarim. Beliau radhiyallahu'anhu berkta, "Siapa yang tak kenal kota Tarim? Tarim adalah Surga Allah yang ada di bumi ini. Aku selalu merindukan kota Tarim. Bagaimana tidak? Semua sudut di kota itu telah melahirkan para wali Allah. Negeri itu subur akan ulama dan awliya Allah.

Keistimewaan kota Tarim yang lain adalah, dikota tersebut tersebar anak cucu Rasulullah SAW. Mereka tumbuh di tanah yang penuh dengan kemuliaan. Pernah pada suatu ketika Rasulullah SAW bersabda, "Sungguh aku benar-benar mencium harumnya karunia Allah SWT dari Yaman. Betapa banyak hikmah yang terpancar dari sana." Salah seorang 'arif billah mengatakan bahwa yang dimaksud oleh Rasulullah dalam haditsnya tersebut tiada lain adalah kota Tarim dan penduduknya.

Pada suatu saat ada seorang darwisy (orang yang pakaiannya lusuh dan kumah) datang kepadaku, tampaknya ia adalah orang sholih dan memiliki rahasia Allah. Ia berkata kepadaku, "Ya Sayyidi Ali! Ketika aku datang ke tempat seorang wali dimana pun, maka kudapatkan suasana hening dan khidmat di saat aku berziarah ke kuburnya atau saat ada dalam kubahnya saja. Tetapi bila aku masuk kota Tarim, maka kudapatkan suasana hening dan khidmat itu memenuhi setiap sudut kota itu, bahkan di pasar-pasarnya." Lalu kukatakan kepadanya, "Bila pasarnya saja memancarkan keagungan, apalagi masjid-masjidnya."

'' Andai saja mereka melihat hakikat kota Tarim, niscaya mereka akan mengatakan
'Syurga dunia adalah Tarim' ''
(Al imam Ahmad bin Abil Hubb)

''Setetes ilmu di Tarim lebih baik daripada lautan ilmu diluar Tarim''
(Al Imam Abdurrahman Assegaff)

''Dimaqbaroh Zambal dimakamkan lebih dari 10000 wali,
80 diantaranya adalah wali quthb
(tingkatan wali tertinggi)
(Al Imam Abdurrahman Assegaff)

jumlah ini sekitar 600 tahun yang lau, sebelum wafatnya Imam Assegaff, Imam Alaydrus, Imam Al Muhdlor, Imam Al Haddad dan masih banyak lagi. mungkin sekarang jumlah auliya' di zambal sudah mencapai ratusan ribu. dizambal juga terdapat makam para sahabat nabi (ahlul badr)

''Siapa yang tetap dengan adad dan akhlaq di Tarim, maka Tarim akan menjadikannya bintang, bulan, atau bahkan matahari yang menerangi manusia dengan ilmu dan cahayanya''
(Al Imam Alwi bin Shihab)

''Tidak ada tempat didunia ini yang lebih baik dari Tarim setelah al masaajid ats tsalaasah
(Makkah, Madinah, Aqsho)
(Al Imam Abdullah Al Haddad)

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma Sholii 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close