Profil Pondok Pesantren Al Kautas Jayapura


PROFIL PONDOK PESANTREN AL KAUTAS JAYAPURA

Nama Pesantren : Pondok Pesantren Al Kautsar Yayasan Pondok Pesantren Karaya Pembangunan
Pendiri : Sujadi Notomiseno, H. HArun BA, Drs. Miskirah
Tahun Berdiri : 1976
Pengasuh : Ubaidillah Maskur
Alamat : Jl. YPKP No.16 C Sentani, Jayapura-Papua
No. Telephone : (0967)590791
Website : www.almujtaba.com
Jumlah Santri : 2.137 orang
Pendidikan :  –
Biaya :  –

Profil

Yayasan pondok pesantren karya pembangunan berdiri tahun 1976. Mereka langsung membuka SD YPKP yang pada tahun 1999 telah menjadi SD I dan SD II, dan SMK jurusan sekretaris. Pada tahun 1986 membuka lagi TK dan SLTP, kemuadian pada tahun 1996 membuka lagi SMU Al Fatah dengan jurusan IPS.

Sedang pada tahun 2000 membuka MTs dan tahun 2003 membuka Madrasah Aliyah. Padad tahun 2002 bekerjasama dengan yayasan Pendidikan UNIYAP ( Universitas Yapis Papua)  membuka kampus II di YPKP dengan jumlah mahasiswa 298 orang . adadpun jumlah siswanya sampai tahun 2005/2006 ini, TK berjumlah 176 siswa, SD I dan II berjumlah 850 siswa, SLTP 105 siswa MTs 94 siswa, SMK 429 siswa, SMU 202 siswa, MA 52 siswa, STAIS 20 mahasiswa, total 2.137 siswa.

Sedangkan jumlah keseluruhan siswa atau santri dari jenis pendidikan jalur luar sekolah adalah Madrasah Diniyah 260 siswa, dan pondok pesantren sebanyak 165 siswa/santri. Adapun jumlah seluruh guru 216 orang.

Dalam pembangunan fisik, lembaga ini mengalami perkembangan yang cukup berarti seperti bangunan laboratorium, dan ruang belajar. Begitu juga dengan asrama, air bersih maupun tempat ibadah.

Agama Pendatang

Masyarakat asli Sentani, Jayapura sebagaimana masyarakat Irian Jaya pada umumnya beragama Kristen Katolik. Tetapi setelah tahun 1963 muncul gelombang pendatang dari berbagai suku. Para pendatang itu umumnya berprofesi sebagai pegawai negri sipil, militer, polisa, pedagang dan transmigran.

Mereka umumnya beragama islam. Maka wajar jika mereka mendirikan masjid/mushola dan bahkan lembaga-lembaga yang bergerak di bidang pendidikan. Baik yang berasaskan umum maupun islam. Seperti MI, MTs, dan bahkan Pondok Pesanren.

Walaupun YPKP merupakan lembaga yang berciri islam, tetapi tetap membuka diri bagi pengikut agama lain untuk belajar pada jalur pendidikan sekolah khususnya pada SMK. Karena YPKP adalah wadah yang bergerak dalam kegiatan pendidikan jalur sekolah mulai dari TK sampai SMU, pondok pesantren dan pekerjaan social seperti Panti Asuhan.

Adapun jenis pendidikan jalur sekolah (formal) yang telah dikelola sampai saat inipun dibagi dua. Yaitu jenis pendidikan jalur sekolah umum seperti TK (Pra sekolah), SD (I dan II), SLTP, SLTA (SMU & SMK).

Sementara jenis pendidikan jalur sekolah agama MTs. Sedangkan pendidikan jalur luar sekolah adalah Madrasah Diniyah dan Awaliyah serta pondok pesantren.

Sarana dan prasarana pendidikan dilembaga ini tergololng cukup lengkap. Untuk menompangnya diperoleh dari bantuan orang tua murid atau santri, bantuan pemerintah maupun swasta dan usaha ekonomi lainnya. Misalnya dari kantin dan koperasi, ternak ayam potong, transportasi antar jemput siswa, serta sumbangan-sumbangan lain.

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholii 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close