Tafsir Al-Qur'an Surah Al-Maidah Ayat 1


TAFSIR AL-QUR'AN SURAH AL-MAIDAH AYAT 1

QS. AL MA'IDAH 1

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَوْفُوا بِالْعُقُودِ

Hai orang-orang yang beriman, penuhilah aqad-aqad itu.
(QS. Al-Ma'idah: 1)

Yaitu janji-janji itu menyangkut hal-hal yang dihalalkan oleh Allah ﷻ dan hal-hal yang diharamkan-Nya serta hal-hal yang difardukan oleh-­Nya  dan batasan-batasan (hukum-hukum) yang terkandung di dalam Al-Qur'an seluruhnya, Dengan kata lain, janganlah kalian berbuat khianat dan janganlah kalian langgar hal tersebut Kemudian Allah ﷻ memperkuat hal tersebut dengan sanksi2 yang keras melalui firman-Nya:

{وَالَّذِينَ يَنْقُضُونَ عَهْدَ اللَّهِ مِنْ بَعْدِ مِيثَاقِهِ وَيَقْطَعُونَ مَا أَمَرَ اللَّهُ بِهِ أَنْ يُوصَلَ}
إِلَى قَوْلِهِ: {سُوءُ الدَّارِ}

Orang-orang yang merusak janji Allah setelah diikrarkan de­ngan teguh  dan memutuskan apa-apa yang Allah perintahkan su­paya dihubungkan. (QS. Ar-Ra’d: 25)  sampai dengan firman-Nya: tempat kediaman yang buruk (Jahannam). (QS.Ar-Ra'd: 25)

Bahwa yang dimaksud ialah hal-hal yang dihalalkan dan yang diha­ramkan oleh Allah ﷻ,  semua bentuk perjanjian yang diambil oleh Allah ﷻ atas orang yang mengakui beriman kepada Nabi dan Al-Qur'an, yakni hendaklah mereka menunaikan fardu-fardu  yang telah ditetapkan oleh Allah ﷻ atas diri mereka, berupa perkara halal dan haram.

IBNU KATSIR

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholii 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close