Semakin Banyak Ilmu Semakin Sedikit Berbicara



SEMAKIN BANYAK ILMU SEMAKIN SEDIKIT BERBICARA

فضل علم السلف على الخلف لابن رجب الحنبلي

وقد فتن كثير من المتأخرين بهذا فظنوا أن من كثر كلامه وجداله وخصامه في مسائل الدين فهو أعلم ممن ليس كذلك ، وهذا جهل محض ، وانظر إلى أكابر الصحابة وعلمائهم كأبي بكر وعمر وعلي ومعاذ وابن مسعود وزيد بن ثابت كيف كانوا ، كلامهم أقل من كلام ابن عباس وهم أعلم منه وكذلك كلام التابعين أكثر من كلام الصحابة والصحابة أعلم منهم وكذلك تابعوا التابعين كلامهم أكثر من كلام التابعين والتابعون أعلم منهم ، فليس العلم بكثرة الرواية ولا بكثرة المقال ولكنه نور يقذف في القلب يفهم به العبد الحق ويميز به بينه وبين الباطل ،

Banyak sekali yg terfitnah dari kalangan mutaakhhirin dan mereka menganggap yang banyak bicaranya , debatnya dan kontroversinya dalam permasalahan-permasalahan agama adalah yang paling alim dari selainnya, ini murni kebodohan.

Lihatlah para pembesar sahabat-sahabat dan ulama'nya spt Sy Abu Bakar, Sy Umar, Sy Ali , Sy mu'adz, Sy Ibn Mas'ud dan Sy Zaid bin tsabit bagaimana keadaan mereka.

Ucapan mereka lebih sedikit dari sahabat Ibn Abbas padahal mereka lebih Alim dari Ibn Abbas, begitu juga ucapana para tabi'in lebih banyak dari pada sahabat, padahal para sahabat lebih Alim dari mereka, begitu juga tabi'it tabi'in ucapannya lebih banyak dari para tabi'in padahal para tabi'in lebih alim dari mereka.

Ilmu itu bukan banyaknya riwayat dan kalam, akan tetapi cahaya yang diletakkan didalam hati, dengannya seorang hamba mengetahui yang haq dan bisa membedakan dengan yang bathil.

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholii 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close