Ulama Yang Mengkaji Kitab-kitab Masa Lalu, Bukanlah Orang-orang Yang Anti Terhadap Pembaharuan


ULAMA YANG MENGKAJI KITAB-KITAB MASA LALU, BUKANLAH ORANG-ORANG YANG ANTI TERHADAP PEMBAHARUAN

KH. Abdi Kurnia Djohan :

Orang yang berusaha untuk mengkaji kitab-kitab para ulama masa lalu, bukanlah orang-orang yang "anti" terhadap pembaharuan. Bahkan, orang-orang seperti itu selalu menemukan gagasan pembaharuan dari hasil bacaannya terhadap kitab-kitab masa lalu. Di antara mereka adalah Syaikh Muhammad Yasin al-Fadani al-Makki yang merumuskan pembaharuan metode pengajaran ilmu mantiq setelah mempelajari secara tuntas karya-karya ilmu mantiq dari para ulama pendahulunya.

Orang-orang yang setia mempelajari kitab-kitab para ulama masa lalu, adalah orang-orang yang mengamalkan hadits Rasulullah shollallahu alayhi wasallam:

من سن في الإسلام سنة حسنة فله أجرها و أجر من عمل بها بعده من غير ان ينقص ذلك من أحورهم شيئا....

Siapa yang mengadakan kebiasaan baik di dalam Islam, baginya pahala dan orang yang sesudahnya juga mendapatkan pahala karena kebiasaan baik itu, tanpa berkurang sedikit pun pahala orang yang memulai kebiasaan baik tersebut.

Musyarakah dalam kebaikan...

Wallahu 'alam Bishowab
  
Allahuma sholii 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim
    
Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close