Madrasah Syamiyah Oleh Ustad Fauzi Inzaghi



MADRASAH SYAMIYAH OLEH USTAD FAUZI INZAGHI

Alam muluk itu alam inderawi
Alam jabarut itu alam khayali
Alam malakut itu alam aqlany

Perbandingan alam muluk dengan alam malakut sama seperti perbandingan antara alam janin dan alam muluk. Jika kita sudah sampai pada maqam ittihad awalim(bersatunya semua alam) kita bisa berjumpa rasulullah SAW dalam keadaan terjaga. Karena gak ada perbedaan lagi antara ketiga alam tersebut. Alam barzakh, alam dunia, alam malaikat, dll semua sama. Ruang hilang, waktu hilang, hidup dan mati tidak beda lagi.

Pengajian kitab mantiq mihakun nadhar ketika mebahas tentang madarik al-ulum. Itu sebenarnya lagi ngaji ilmu logika atau ilmu tasawuf? Itu dia ciri khas madrasah syamiyah. Tasawuf masuk kedalam semua sendi ilmu. Ilmu mantiq yang katanya kering sekalipun menjadi ilmu tarbiyah ruhaniyah.

Tentu pengjian seperti ini tidak dilakukan di mimbar atau pengajian umum tapi disbuah ruangan dengan pintu terkunci, dihadiri hanya 4-5 orang, dan diharamkan merekam pengajian. Bahkan tidak dilakukan dihadapan seorang thalib yang belum dikenal dengan benar oleh syeikh. Karena jika yang seperti ini diajarkan ditempat umum dan tersebar maka akan menjadi fitnah.

Video gak dipenggal aja bisa jadi masalah apalagi dipotong-potong bisa dikira ajaran sesat. Gak semua ilmu yang kita ketahui harus disebarkan. Saduran pengajian diiatas hanya sebagai contoh. Dan dipilih contoh yang paling gak bermasalah. Karena kata sayidina ali jika aku mengatakan semua yang aku tau maka akan terpisah kepala dan badan ini. Begitu juga yang dikatakan abu hurairah.

Itu dia mayyizah madrasa syamiyah. Memadukan tasawuf dalam setiap ilmu. Membuat ilmu tidak kering dan cuma digunakan untuk pamer hafalan, yang seperti ini orientalis pun bisa. Disisi lain mereka juga membahas tasawuf dengan kawaid ilmiyah seperti mantiq, fiqh, ushul fiqh, ilmu kalam, bahasa arab, dll sehingga tidak keluar jalur. Bahkan tasawuf ada dalam setiap kaidah ilmu rusum tersebut. Syeikh albuty filsuf dan arif billah, syeikh nuruddin itr seorang muhadis dan waliyullah, syeikh said afghani seorang ahli bahasa arab dan darwish, syeikh syukri luhafi seorang qura dan abdal, dll. Dan tentu disampaikan sesuai yang mendengarkan. Tentu pengajian umum alhikam syeikh albuty di mesjid gak sama dengan ketika beliau berbicara tasawuf di perpustakaan pribadi beliau dengan para masyaikh.

Di tulis oleh : Ustad Fauzan Inzaghi

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholii 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close