Ketika Habib Umar Ditanya Tentang Cinta Seorang Gadis


KETIKA HABIB UMAR DITANYA TENTANG CINTA SEORANG GADIS

Pertanyaan:

Apa pendapat Habib tentang seorang gadis yang jatuh cinta kepada seorang lelaki.

Dia menyimpan perasaan itu dan belum bisa mengungkapkannya.

Tapi ia tau bahwa lelaki itu memikirkan orang lain dan dekat dengannya.

Apa kiranya yang bisa dilakulan oleh gadis tersebut?

Habib Umar menjawab:

Yang seharusnya ia lakukan , jika memang lelaki tersebut belum memiliki ikatan dengan bertunangan atau akad adalah mengungkapkan isi hatinya dengan cara yang sopan kepada orang yang ia percaya seperti kerabatnya atau orang yang dekat dengan lelaki tersebut.

agar ia mengetahui bahwa ada seorang gadis yang ingin menjalin hubungan dengannya dalam sunnatullah ikatan yang halal.

$ads={1}

Lebih-lebih jika faktor yang mendorongnya untuk menikahi lelaki tersebut adalah faktor baiknya agama dan tingkah lakunya.

Akan tetapi jika lelaki itu sudah memiliki ikatan pertunangan atau pernikahan , maka ia tidak boleh menjadi sebab rosaknya pertunangan dan pernikahan itu, karena itu adalah hal yang diharamkan dalam syariat.

Yang harus ia lakukan adalah menjauhkan dirinya dan fikirannya dari lelaki tersebut , dan hendaknya ia tahu bahwa perasaan dan fikiran seperti itu biasanya datang dari hawa nafsu yang bersifat sementara.

Perasaan itu tak akan diam dan menetap.

Dan dalam setiap keadaan , hendaknya ia selalu beristikharah kepada Allah , memasrahkan semua urusan pada-Nya , dan meyakini bahwa apa yang Allah tetapkan untuknya adalah yang terbaik.

Bahwa:

Bisa jadi kamu membenci sesuatu , padahal ia amat baik bagimu , dan bisa jadi kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui , sedang kamu tidak mengetahui.
(QS. Al Baqarah: 216)

Maka hendaknya ia percaya dan memasrahkan diri pada Allah , dan jangan sampai ia melanggar batasan syariat untuk melampiaskan perasaan yang ada dalam hatinya.

Sumber : Fanspage Facebook Dakwah Para Habaib Dan Ulama Was Sholihin

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholii 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

dakwahislamiyah93@gmail.com
  
Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close