Menghormati Ahlul Bait Dan Ahli Ilmu


MENGHORMATI AHLUL BAIT DAN AHLI ILMU

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Di zaman Sahabat, pernah terjadi pertikaian antara dua Ulama besar, dua sosok yang sama-sama disayangi baginda Nabi Saw. Dua tokoh itu adalah Zaid Bin Tsabit dan Abdullah Bin Abbas -Rodiyallahu anhuma-.

'Konflik' kedua sahabat Nabi itu sampai sekarang masyhur dengan masalah 'Mubahalah'. Santri yang pernah ngaji Faraidh pasti tahu masalah ini.

Cerita bermula ketika Abdullah Bin Abbas berbeda pendapat dengan Zaid Bin Tsabit dalam masalah 'Jadd wa Ikhwah'. Ibnu Abbas menyatakan bahwa 'kakek' bisa menggugurkan hak waris 'saudara-saudara' mayit sedangkan Zaid tetap kukuh bahwa mereka tetap memiliki hak waris meskipun kakek masih hidup.

Saking yakinnya Ibnu Abbas akan kebenaran pendapatnya, sampai-sampai beliau berkata :

" Tidak takutkan Zaid kepada Allah dalam masalah ini ?? Aku ingin ia dan orang-orang yang tidak sependapat denganku dalam masalah ini mendatangi Ka'bah dan marilah kita 'bermubahalah'. Siapa yang berdusta maka laknat Allah akan turun atas dirinya !! "

Beberapa waktu Kemudian mereka berdua bertemu dalam suatu acara. orang-orang sudah menanti apa yang akan dilakukan dua sahabat yang sedang berseteru itu. Tapi yang terjadi sungguh diluar dugaan..

$ads={1}

Kala itu, Ibnu Abbas melihat Zaid datang menaiki kuda. Segeralah ia mengambil tali kekang kudanya lantas menuntunnya sebagai bentuk penghormatan. Zaid yang tak nyaman dimuliakan seperti itu berkata :

" Jangan kau lakukan ini wahai sepupu Rasulullah"

" Seperti ini kami diajarkan untuk menghormati ulama kami", jawab Ibnu Abbas santai sambil tersenyum

Zaid tak mau kalah. Ia berkata kepada Ibnu Abbas :

" Bisa liat tanganmu sebentar" ??

Ibnu Abbas yang sama sekali tak curiga langsung memberikan tangannya. Ibnu Abbas 'tertipu'. Di detik itu juga Zaid dengan penuh Tadhim mencium tangannya.

" Seperti ini kami diajarkan untuk memuliakan keluarga Nabi kami.. " Zaid tersenyum bahagia.

Sumber : Kutipan Postingan dari Ustadz Muhammad Ismael Al Kholilie, salah satu keturunan dari Syaikhona KH. Kholil Bangkalan, Madura

Dalam Foto : Sayyidil Habib Umar bin Hafidz bersama Syaikh Dr. Ali Al Jum'ah, Mantan Mufti Mesir.

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholii 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

dakwahislamiyah93@gmail.com
   
Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close