Kisah Adab Imam Ahmad bin Hanbal Kepada Sufi

KISAH ADAB IMAM AHMAD BIN HANBAL KEPADA SUFI

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Ahmad bin Hanbal adalah seorang ahli hadits & teologi Islam. Ia lahir di Marw di kota Baghdad, Irak. Kunyahnya Abu Abdillah. Nama lengkapnya: Ahmad bin Muhammad bin Hambal bin Hilal bin Asad Al Marwazi Al Baghdadi/ Ahmad bin Muhammad bin Hanbal dikenal juga sebagai Imam Hambali.

Banyak kisah-kisahnya yang inspiratif dan terkenal dikalangan publik, salah satunya kisah " Adab Imam Ahmad bin Hanbal kepada Sufi ", Selengkapnya yuk disimak ceritanya di bawah ini :

Pernah suatu ketika, Imam Ahmad bin Hanbal duduk ittika' (duduk bersandar) karena sakit. Lalu disebutkan dihadapan beliau nama salah seorang sholihin, maka seketika beliau duduk tegak dan berkata: "Tidak baik duduk ittika saat nama orang sholih disebutkan".

Imam Ibnul Munadi berkata: "Aku mendengar kakekku bercerita, bahwa Imam Ahmad bin Hanbal adalah salah seorang ulama' yang paling punya adab, banyak menundukkan kepala, dan banyak diam. Tidak terdengar suara dari beliau kecuali saat meriwayatkan atau membicarakan hadits dan menceritakan kisah sholihin dan ahli zuhud".

$ads={1}

Baca Juga :

Lirik Qasidah Allahu Rabbi Majelis Rasulullah SAW

Adakah Malaikat Penghitung Tetesan Air Hujan Di Dalam Islam?

Do'a Yang Selalu Dibaca Oleh Para Waliyullah ( Wali Allah )

Biografi Habib Jamal Bin Thoha Baagil

Imam Nawawi mengkisahkan tentang Imam Ahmad bin Hanbal, bahwa ketika beliau melihat orang sholih lewat, maka beliau segera berdiri dan memuliakan orang sholih tersebut. Setelah kejadian, putra beliau, Abdullah bin Ahmad bertanya: "Wahai ayah, (mengapa) engkau melakukan hal seperti itu?". Imam Ahmad pun menjawab: "Wahai anakku, jangan memprotesku dalam hal seperti ini"

Imam Ibn Tamim al Hanbali (ashhabul wujuh dalam madzhab Hanbali) bercerita, bahwa Imam Ahmad bin Hanbal juga sangat memuliakan dan ta'zhim kepada para sufi.

Abu Thalib al Makki berkisah dari Abdullah bin Ahmad bin Hanbal. Beliau berkata: "Aku bertanya kepada ayahku: "Telah sampai berita kepadaku, bahwa Engkau sering datang kepada Ma'ruf al-Karkhi. Apakah padanya ada hadits?". Imam Ahmad menjawab: "Wahai anakku, ada padanya puncak ilmu, yaitu taqwa Allah Azza wa Jalla". 

Sebagian ulama menyebutkan, Syaikh Ma'ruf al Karkhi adalah guru suluk Imam Ahmad bin Hanbal. 

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholii 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close