7 Cara Mengatasi Ngantuk Seusai Shalat Subuh

7 CARA MENGATASI NGANTUK SEUSAI SHALAT SUBUH

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Menahan kantuk sehabis shalat subuh merupakan hal yang sulit bagi orang yang tidak memiliki rutinitas pekerjaan di pagi hari.

Banyak sebagian orang sehabis melaksanakan shalat subuh ia pergi bekerja, pergi ke pasar, beres-beres rumah dll. namun banyak juga yang setelah habis shalat subuh ia tidur kembali, dikarenakan tidak ada aktivitas rutin yang biasa ia kerjakan.

$ads={1}

Baca Juga :

Biografi & Karomah AlHabib Syechan bin Musthofa Al Bahar Wali yang Jadzab (Nyleneh)

Padahal, tidur setelah subuh merupakan hal yang tidak dianjurkan didalam islam, salah satunya dapat " menghilangkan rezeki "kita. Namun disini ada beberapa amalan yang dapat kita lakukan untuk mencegah kita dari tidur seusai subuh, berikut 7 Cara mengatasi ngantuk seusai shalat subuh :

1. BERWUDHU'

Ulama menjelaskan "Ngantuk dan bermalas-malasan" sarana tipuan setan, jika sering mengantuk diwaktu pagi lazimkanlah menahan wudhu'. Seperti diyakini dalam ilmu kedokteran, membasahi wajah dapat menyegarkan sel-sel kulit, maka didalam wudhu' tidak hanya keuntungan kesehatan tapi mendapatkan fadhilah/keutamaan.

2. LAKUKAN SHOLAT SUNNAH

Tidak dipungkiri, gerakan sholat adalah sangat besar manfaatnya dari segi kesehatan manapun.

3. MEMBACA AL-QUR'AN

Rutinkan setiap hari khususnya setelah sholat shubuh membaca walaupun satu maqra' surah. Jadikan ini amalan rutin untuk di istiqamahkan.

4. BACA DZIKIR ATAU SHALAWAT

Membaca dzikir dengan jahr jelas (didengar telinga:red).

5. RIYADHAH

Olah raga, orang sholeh terdahulu diantara olahraganya adalah mengucapkan kalimat tahlil "Laa ilaha Illallah" sambil menggerakkan tubuhnya.

6. MEMANDANG WARNA HIJAU

Memandang warna hijau, baik itu bunga/taman, berkhasiat menguatkan pandangan, selain menyegarkan mata.

7. WIRIDAN

Ulama sholeh terdahulu adalah orang-orang yang cerdas lagi bijak, mereka bersikeras untuk menjaga matanya dari ngantuk, mereka menjadikan bacaan wirid/hizib sebagai amalan rutinitas. Diantara mereka ada yang merangkum doa-doa ma'tsurat, doa dari Nabi dan doa yang bersumber dari Al-Qur'an untuk diamalkan, seperti wirdul lathif, doa fajar, dsb.

Baca Juga :

Shalawat Dari Rasulullah SAW Yang Di Berikan Kepada Habib Umar Melalui Mimpinya

Sumber : dinukil dari beberapa kitab amal

Semoga ini semua bermanfaat.

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholii 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

   

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close