Adab Duduk Ketika Sedang Berziarah ke Makam

ADAB DUDUK KETIKA SEDANG BERZIARAH KE MAKAM

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Nyarkub merupakan istilah akrab di kalangan santri atau yang lebih luas kaum Nahdliyin di Indonesia untuk menyebut orang-orang yang hobi berziarah ke makam para waliyullah atau ulama besar.

Namun dalam berziarah, tentu ada adab-adab yang perlu diperhatikan. Salah satunya mengenai tata cara duduk ketika sedang berziarah ke sohibul maqom.

Ustadz Fahmi Ali N H melalui laman facebooknya, membagikan sebuah ilmu mengenai tata cara duduk ketika sedang berziarah, berikut tulisannya :

Kalo kita nyarkub itu, adanya kita ambil duduk di sebelah arah wajah ahli kubur itu dan kita doa menghadap wajah ahlu kubur. Kalo di Indonesia berarti kita ambil duduk di sebelah barat lautnya kubur, dan kita menghadap ke arah timur, sehingga wajah ahlu kubur yg menghadap barat itu akan akan pas menghadap kita.

$ads={1}

Dawuh Syaikh Khotib Asy Syarbini

وأتاه من قبل وجهه لأنه في زيارته كمخاطبه حياً

"Dan menghadaplah pada kubur itu dari arah wajah mayit itu, karena menziarahi kuburannya sama seperti berbicara dengannya sewaktu hidup"

Ini adab nyarkub. Gak beradab dong kalo kita berdoa menghadap bokong.

Source : Melalui laman facebook Ustadz Fahmi Ali N H 

Semoga informasi bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholii 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close