Kebolehan Mentakwil Sifat Dan Ayat Allah SWT

KEBOLEHAN MENTAKWIL SIFAT DAN AYAT ALLAH SWT

Berkata al-Qadhi Abu Bakar bin Arobiy di dalam kitab Qaawashim wal Awaashim :

قال القاضي أبو بكر بن العربي في القواصم والعواصم: والأحاديث الصحيحة في هذا الباب - يعني في باب الصفات على ثلاث مراتب: 

الأولى: ما ورد من الألفاظ وهو كمال محض، ليس للنقائص والآفات فيه حظ، فهذا يجب اعتقاده.

الثانية: ما ورد وهو نقص محض، فهذا ليس لله فيه نصيب فلا يضاف إليه إلا وهو محجوب عنه في المعنى ضرورة، كقوله: (عبدي مرضت فلم تعدني) وما أشبهه. 

الثالثة: ما يكون كمالا ولكنه يوهم تشبيها، 

فأما الذي ورد كمالا محضا، كالوحدانية والعلم والقدرة والارادة والحياة والسمع والبصر والإحاطة والتقدير والتدبير وعدم المثل والنظير، فلا كلام فيه ولا توقف. 

وأما الذي ورد بالآفات المحضة والنقائص، كقوله: (من ذا الذي يقرض الله قرضا حسنا) ، وقوله: (جعت فلم تطعمني وعطشت). فقد علم المحفوظون والملفوظون والعالم والجاهل، أن ذلك كناية عمن تتعلق به هذه النقائص، ولكنه أضافها إلى نفسه الكريمة المقدسة تكرمة لوليه، وتشريفا واستلطافا للقلوب وتليينا. 

وإذا جاءت الألفاظ المحتملة التي تكون للكمال بوجه، وللنقصان بوجه، وجب على كل مؤمن حصيف أن يجعلها كناية عن المعاني التي تجوز عليه، وينفي ما لا يجوز عليه. فقوله في اليد والساعد والكف والإصبع، عبارات بديعة، تدل على معان شريفة، فان الساعد عند العرب، عليها كانت تعول في القوة والبطش والشدة، فأضيف الساعد لله، لأن الأمر كله لله، كذلك قوله: (إن الصدقة تقع في يد الرحمن) ، عبر بها عن كف المسكين، تكرمة له، وما يقلب بالأصابع يكون أيسر وأهون، ويكون أسرع،

Hadis-hadis sahih di dalam bab ini - yaitu dalam bab shifat - terdiri atas 3 tingkatan  :

1. Menggunakan lafadz-lafadz yg sempurna, yaitu tidak mempunyai kekurangan serta kecacatan, maka wajib i'tiqad kepadanya.

2. Menggunakan lafadz-lafadz yg naqish, maka Allah tidak boleh mendapatkan bagian darinya, tidak menyandarkan makna ini kepada Allah tetapi harus ditiadakan maknanya secara dharurot, seperti hadis (hambaku Aku sakit tetapi engkau tidak menjenguk Aku) dll.

3. Menggunakan lafadz-lafadz yang sempurna tetapi menimbulkan tasybih.

$ads={1}

- Yang menggunakan lafadz-lafadz yg sempurna, seperti wahdaniyyah, ilmu, qudroh, irodah, hayah, sama', bashor, ihathoh (melingkupi), taqdiir (menentukan), tadbiir (mengatur), dan tidak adanya keserupaan dan padanan, maka tidak ada kalam mengenainya, tidak boleh berhenti.

- Sedang apabila menggunakan lafadz-lafadz yang cacat dan kurang, seperti firman Allah :

مَّن ذَا ٱلَّذِي يُقۡرِضُ ٱللَّهَ قَرۡضًا حَسَنٗا

Barangsiapa meminjami Allah dengan pinjaman yang baik.

Dan firman Allah :

(Aku lapar tetapi Engkau tidak memberiku makan dan Aku haus)

Sungguh mengetahui orang-orang yang dipelihara dan orang-orang yang melafadzkan, orang berilmu dan orang yang bodoh bahwa demikian itu adalah kinayah dari orang yang berhubungan dengan kekurangan-kekurangan ini, tetapi Allah mengidhofahkan kepada dirinya sendiri yang mulia dan suci dengan kemuliaan untuk wali-Nya, kemuliaan dan kelembutan untuk semua hati. 

Baca Juga :

Lirik Qasidah Allahu Rabbi Majelis Rasulullah SAW

Adakah Malaikat Penghitung Tetesan Air Hujan Di Dalam Islam?

Do'a Yang Selalu Dibaca Oleh Para Waliyullah ( Wali Allah )

Dan ketika dipergunakan untuk lafadz-lafadz yang terkadang sempurna dan kurang, wajib bagi mukmin yg berakal untuk menjadikannya kinayah untuk makna yang boleh baginya, menafikan apa yg tidak boleh baginya. Maka firman Allah pada Yad, sa'id, kaff, ishba' adalah ungkapan yg indah yang menunjukkan pada makna-makna yang mulia. Maka sa'id menurut orang Arab ditakwil pada kekuatan, maka diidhofahkan sa'id kepada Allah, karena urusan semuanya adalah milik Allah, demikian juga sabda nabi :

(Sesungguhnya sedekah akan berada di "tangan" Allah) adalah ungkapan atas telapak orang-orang miskin, sebagai kemuliaan bagi mereka, dan apa yang dibalik dengan menggunakan ashobi' adalah lebih mudah, lebih ringan dan juga lebih cepat.

-----------------

Oleh karena itu yg berfaham TAFWEEDH dan TAKWEEL yang menggunakan lafadz-lafadz kesempurnaan bagi Allah wahdaniyyah (esa), ilmu (mengetahui), qudroh (berkehendak), irodah (berkehendak), hayah (hidup), sama' (mendengar), bashor (melihat) , dll, MASIH BOLEH DITERJEMAH......

Oleh : Dodi ElHasyimi

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholii 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close