Kecintaan dan Khidmatnya Sayyidina Utsman Bin Affan Terhadap Al-qur'an

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Dari sekian banyak kelebihan Sayidina usman, apa yang paling dikenang para sahabat nabi dan para ahlillah tentang sayyidina usman? Jawabanya adalah kecintaannya pada alquran dan khidmahnya pada alquran

Ikatan sayyidina usman dengan alquran itu spesial. Mungkin ikatannya bisa disamakan dengan ikatan Sayidina ali dengan ruh tasawuf, sayidina umar dengan ruh syariat, dan sayyidina abu bakar dengan hakikat muhammadiyah. Beliau lah yang menjadi salah satu penulis mushaf saat wahyu diturunkan, betapa sering sayyidina nabi saw berkata padanya saat wahyu turun "tulislah wahai usaimu(panggilan sayang nabi saw padanya)"

Beliau sangat cinta pada alquran, maka dari itu hidupnya sehari-hari digunakan untuk berkhidmat pada alquran. Sampai hadis yang beliau sampaikan pun dipenuhi Alquran. Jika kita perhatikan sayyidina usman sedikit meriwayatkan hadis, tapi uniknya hadis yang beliau riwayatkan hampir semua berkaitan dengan alquran. Salah satu hadis paling terkenal yang diriwayatkan sayidina usman adalah "sebaik-baik kalian adalah yang belajar alquran dan mengajarkannya"

Sebagaimana kita ketahui bahwa beliau adalah salah satu penghafal alquran yang menghafal alquran sampai khatam pada masa hidup sayidina Rasulullah saw, tapi beliau tidak mau melewati malam kecuali dengan membaca alquran dengan melihat mushaf, dan beliau pernah berkata bahwa beliau sangat tidak bisa jika sehari saja tidak melihat alquran

Karena wirid utama beliau itu ya alquran, siang dan malam beliau ya alquran, hidup dan mati beliau ya alquran. Beliau pernah berkata jika beliau akan sangat malu dengan allah jika ada malam berlalu tanpa Alquran. Maka dalam tahajud pun shalat beliau dipenuhi dalam membaca alquran. 

$ads={1}

Sangking cintanya beliau pada alquran, diceritakan saat beliau ke makkah beliau shalat dibelakang maqam Ibrahim, dan dalam shalatnya itu beliau mengkhatamkan alquran dalam satu rakaat shalat. Tidak ada yang aneh jika itu dilakukan oleh seorang usman, karena beliau pernah berkata "seandainya hati kita ini bersih, maka kita akan selalu lapar menginginkan Kalamullah"

Kecintaan beliau pada alquran ini diungkapkan melalui lisannya "allah menghadiahkanku 3 cinta dari dunia ini: memberi makan orang yang kelaparan, memberi pakain orang yang membutuhkan, dan membaca alquran". Karena kecintaannya pada Al-Qur'an ini, memberi hadiah besar bagi sayyidina usman yang berkaitan dengan alquran:

Pertama, karena khidmad beliau seumur hidupnya pada alquran, pada masanya pembukuan mushaf sempurna dan hilanglah semua perbedaan, oleh karena itu mushaf alquran kita dinisbatkan pada nama beliau yaitu mushaf imam atau mushaf Usman dan tulisannya pun dinisbatkan pada nama beliau yaitu rasm usmany

 Kedua, karena hidupnya dipenuhi dengan alquran dan kecintaan pada alquran maka allah memberi hadiah padanya bahwa akhir nafas beliau juga saat bersama alquran, beliau wafat sebagai syahid yang dibunuh dalam keadaan sedang membaca alquran. Sehingga darah beliau menetes pada mushaf yang beliau baca, dan darah itu bercampur dengan tinta alquran.

Ya!! Beliau adalah Sidi Usman Bin Affan menantunya Sidi Rasulullah SAW, dimana saat pernikahan beliau dengan sayidatuna ruqayah, sayidah khadijah begitu gembira dan berkata "pengantin yang paling serasi yang pernah dilihat oleh umat manusia, ruqayyah dan suaminya usman". Allah Allah ala hazal kalam ya ummah!!!. Itu tidak terlepas dari nur yang diberikan allah pada beliau melalui alquran.

Nur alquran inilah yang membuat Alquran menyatu dengan akhlaq beliau. Pada suatu hari Sayidina nabi saw masuk ke rumah sayidatuna ruqayyah, beliau melihat putri beliau sedang mencuci rambut suaminya usman bin affan, beliau saw bersabda "wahai putriku, lakukan yang terbaik pada aba Abdillah, sesungguhnya dia adalah sahabatku yang akhlaqnya paling mirip dengan akhlaqku" dan apakah akhlaq nabi saw itu? Akhlaq beliau adalah alquran!!

Dengan kecintaan kita kepada sayidina usman bin affan, semoga kita dan keturunan kita dijadikan pelayan dan penghafal alquran, hati kita dipenuhi dengan alquran, lidah kita dibasahi dengan tilawah alquran, anggota tubuh kita beramal dengan ajaran alquran, dan darah kita mengalir akhlaq alquran

Oleh : Ustadz Fauzan Inzaghi

Sumber : dikutip melalui laman facebooknya

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholii 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close