Untuk Menjadi Mujtahid, Imam Syafi'i Harus Belajar Bahasa Arab Selama 20 Tahun

UNTUK MENJADI MUJTAHID, IMAM SYAFI'I HARUS BELAJAR BAHASA ARAB SELAMA 20 TAHUN

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Para ulama tidaklah berada dalam satu tingkatan. Meski banyak keistimewaan yang ulama miliki, tetap saja di dalam lingkaran ada lingkaran yang lebih khusus lagi. Misalkan untuk merujuk langsung kepada Al-Quran dan Sunnah sebagai sumber hukum asli tidak semua ulama yang sanggup. Ulama yang punya kapasitas dan kemampuan yang cukup untuk merujuk langsung itu dinamakan mujtahid. Ada banyak ilmu yang mesti dipenuhi supaya bisa sampai ke derajat mujtahid. Salah satu ilmu terpenting adalah bahasa arab.

Imam Syathibi menjelaskan kepakaran seseorang dalam bahasa arab berbanding lurus dengan kemampuannya memahami ilmu syariat. Orang yang pemula dalam bahasa arab juga akan pemula dalam ilmu syariat. Orang yang memiliki kemampuan pertengahan dalam bahasa arab maka posisinya juga pertengahan dalam memahami ilmu syariat. Orang yang sudah sampai ke tingkat akhir bahasa arabnya maka di tingkat akhir pulalah pemahamannya terhadap ilmu syariat. Begitulah pentingnya bahasa arab, karena bagaimanapun nash Kitab dan Sunnah diturunkan dengan bahasa arab.

$ads={1}

Kalau kita cermati para imam mazhab yang empat kita akan dapati betapa matangnya kemampuan bahasa arab mereka. Imam Syafi'i misalnya. Meskipun beliau adalah orang arab asli, bahkan dari Quraisy, yang mana bahasa arab itu bagi beliau sudah ibarat bernafas, sudah bawaan sejak lahir, beliau tidak mencukupkan diri dengan hal itu. Imam Syafi'i tetap mempelajari bahasa arab. Bahkan sampai 20 tahun lamanya. Artinya lebih dari sepertiga umur beliau beliau curahkan untuk mendalami bahasa arab. Tatkala ditanya mengapa beliau mau bersusah payah seperti itu beliau menjawab "Semata-mata untuk membantuku memahami fikih".

Tatkala Imam Syafi'i sampai di Mesir beliau mendapati orang-orang Mesir kesulitan memahami bahasa beliau. Maka beliau turunkan tingkat bahasa beliau, kemudian beliau turunkan lagi, kemudian beliau turunkan lagi. Sampai tiga tingkatan bahasa beliau beliau turunkan. Tinggi betul bahasa arab beliau memang.

Baca Juga :

Biografi & Karomah AlHabib Syechan bin Musthofa Al Bahar Wali yang Jadzab (Nyleneh)

Shalawat Dari Rasulullah SAW Yang Di Berikan Kepada Habib Umar Melalui Mimpinya

Hal ini juga diakui oleh Rabi', salah satu murid terdekat beliau. Rabi' pernah berkata: "Kalaulah kalian menyaksikan kefasihan Imam Syafi'i dan keindahan bahasa beliau kalian akan takjub terpana. Andai saja Imam Syafi'i menuliskan kitab-kitab beliau dengan bahasa arab yang biasa beliau pakaikan dalam perdebatan beliau dengan kami tidak akan ada orang yang mampu membaca kitab beliau. Beliau menuliskan kitab-kitab yang ada ini untuk awam". Ya, bahasa arab yang beliau gunakan untuk menulis kitab al-Umm dan ar-Risalah misalkan itu di mata beliau level bahasa arabnya orang awam. Padahal untuk kita zaman sekarang dua kitab tersebut merupakan kitab mustawa tingkat akhir. Tidak semua orang boleh menyentuh kitab al-Umm dan ar-Risalah.

Imam Syafi'i juga terkenal di antara imam mazhab yang empat sebagai imam yang bahasa arabnya menjadi hujjah. Kalau ada teks Al-Quran atau Sunnah yang rumit maknanya maka para ulama mesti merujuk kepada pakar bahasa arab untuk mengetahui makna tersebut. Tidak boleh diterka-terka sendiri. Tapi kalau imam Syafi'i berbeda. Tatkala beliau menjelaskan apa makna suatu kata tidak perlu ditanya dari siapa beliau dapat makna itu. Karena perkataan beliau adalah hujjah. Perkataan beliau sendiri adalah dalil. Memang kepada beliau lah seharusnya kita merujuk untuk mengetahui kosa kata bahasa arab.

Ini semua membuktikan betapa luar biasanya kepakaran beliau dalam bahasa arab. Sudah kita terangkan di awal semakin tinggi kepakaran seseorang dalam bahasa arab semakin tinggi pula pemahamannya terhadap ilmu syariat. Dari sini mulai bisa kita pahami bagaimana para ulama yang datang setelah beliau mau "tunduk" mengikut beliau, mengakui beliau sebagai imam mazhab. Dari sini juga bisa kita pahami bahwa gelar mujtahid mutlak itu bukan gelar main-main. Ini baru satu sisi dari keilmuan beliau, belum lagi dari sisi-sisi yang lain. 

Kemudian tiba-tiba saja di zaman sekarang lahir orang berteriak-teriak "hum rijal wa nahnu rijal!!".

Tidakkah malu kita sebagai orang awam meremehkan derajat para imam padahal untuk mengi'rabkan satu ayat Al-Quran saja kita tidak bisa?

Oleh : Ustadz Khalilur Rahman

Sumber : dikutip melalui laman facebooknya

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholii 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah - 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close