Metode Dakwah Habib Umar bin Hafidz Kepada Pemuda dan Anak Kecil

METODE DAKWAH HABIB UMAR BIN HAFIDZ KEPADA PEMUDA DAN ANAK KECIL

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Kisah kali ini menceritakan bagaimana Guru Mulia Al Habib Umar bin Hafidz berdakwah kepada para pemuda dan anak kecil yang sedang bermain bola. Buah hasil dakwah yang dilakukan oleh Guru Mulia, hingga ada yang berhasil menjadi seorang Ulama. Bagaimana cerita dakwahnya?

Berikut kisahnya :

“Dulu pada tahun 80-an, ketika Habib Umar belajar dan mengajar di Kota Baidho’, setiap sore beliau seringkali menonton para pemuda dan anak kecil bermain bola di lapangan yang sampai ini dikenang sebagai Mal’ab Habib Umar (Lapangan Habib Umar),” Syaikh Sholih Al-Faqir bercerita kepada kami.

Baca Juga :

Kenikmatan Alam Kubur Sayyid Alawi Al-Maliki Berkah Kedermawannya

”Nah ketika sudah hampir menjelang Maghrib, beliau mengajak anak-anak kecil ke rumah beliau. Di sana setiap anak akan diberi teh dan kue yang dibuat dan disiapkan langsung istri Habib Umar. Dalam kesempatan itu beliau mulai mengajarkan tentang dasar-dasar Islam dan mengenalkan Adab-adab Nabi, kadang beliau juga mengadakan perlombaan hafalan doa-doa sholat, bacaan wudhu dll. Kala itu rumah beliau selalu dipenuhi dengan anak-anak kecil di waktu antara maghrib dan Isya’.

$ads={1}

Suatu hari, Habib berkata kepada mereka:

“Aku memiliki satu permintaan. Apakah kalian mau menurutinya ? ”

“Mau Habib. Asalkan teh dan kue-nya selalu ada,” jawab anak-anak kecil itu dengan polosnya.

Habib Umar tersenyum:

“Apakah kalian bersedia memakai celana yang lebih panjang ketika bermain bola agar kalian tetap menutup aurat?”

“Siap Habib,” jawab mereka.

Mulai saat itu beliau bahkan mengeluarkan sebagian uangnya dan membelikan celana panjang untuk “pemain-pemain bola” yang menjadi murid beliau kala itu.

Baca Juga :

Karomah Habib Basirih Kalimantan, Mengendalikan Pesawat Tempur Jepang Dengan Kayu

Banyak kisah yang diceritakan oleh Syaikh Sholih kepada kami, tentang akhlak Habib Umar, perjuangan dakwahnya sampai berbagai karomahnya (yang salah satunya adalah Habib pernah mengisi mobilnya yang mogok dengan air).

Kisah dakwah beliau di masa mudanya mengajarkan kita akan banyak hal. Bahwa dakwah itu terjun bukan menunggu, dakwah itu merangkul bukan menjauhi, dakwah itu mengasihi bukan menghakimi, dan dakwah itu adalah memberi dan berkorban bukan ingin diberi dan menunggu imbalan.

*Foto bersama Syaikh Sholih Al-Faqir, saksi perjuangan awal dakwah Habib Umar, salah satu dari ratusan anak kecil di kota Baidho’ yang berhasil direkrut Habib dari lapangan bola. Beliau yang dulu diajak Habib Umar untuk belajar agama dengan imbalan teh dan kue, kini beliau menjadi seorang ulama yang diutus Habib Umar untuk mengajar di Kedah Malaysia.

Baca Juga :

KH. Hasyim Asy'ari Mengambil Cincin Gurunya dari Lubang WC 

Demikian artikel " Metode Dakwah Habib Umar bin Hafidz Kepada Pemuda dan Anak Kecil "

Semoga artikel ini bermanfaat...

Sumber : www.bangkitmedia.com

Editor : Hendra, S

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholii 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close