Mengenal Ayahanda Al Habib Umar bin Hafidz ( Biografi Habib Muhammad bin salim bin Hafidz )


MENGENAL AYAHANDA AL HABIB UMAR BIN HAFIDZ ( BIOGRAFI HABIB MUHAMMAD BIN SALIM BIN HAFIDZ )

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Siapa yang tidak kenal dengan Al Habib Umar bin hafidz? beliau merupakan ulama yang namanya telah diketahui di seluruh seantero negeri ini (Indonesia) bahkan di seluruh dunia.

Beliau dikenal dengan pembawaan ceramah/dakwahnya yang lembuh dan berakhlakul kharimah. Al Habib Muhammad bin salim bin hafidz, merupakan ayahanda dari Guru Mulia Al Habib Umar bin Hafidz. Salah satu kutipan yang beredar di media sosial/yang sering kita dengar adalah :

 “Selalu melangkah untuk kebenaran walaupun dengan seribu cercaan dan makian.” (Guru Besar Al-Mufti  Habib Muhammad bin Salim bin Hafidh (1332-1392 H).

Awal Kisah

Kota Tarim adalah salah satu kota yang memberikan kontribusi banyak dalam mengembangkan kitab kitab klasik, khususnya dalam bidang fikih. Banyak dari ulama yang terlahir dari Kota Tarim ini, memberikan andil untuk mensyarah atau hanya sekedar memberikan footnote pada salah satu kitab karangan para ulama terdahulu. Tidak dielakkan lagi, itu adalah buah dari perhatian mereka terhadap karangan para ulama terdahulu atau hanya karena permintaan para pelajar yang masih dini untuk mempelajari sebuah kitab klasik supaya bisa menjadi pijakan awal untuk memahami kalam para ulama terdahulu.

Baca Juga: Biografi Alhabib Umar bin muhammad bin salim bin hafidz ( Habib Umar bin hafidz )

Salah satunya adalah beliau mufti Tarim tempo dulu, Sayyid Muhammad bin Salim bin Hafidh. Nama beliau sudah tidak asing lagi di telinga para mahasiswa Al Ahgaff, karena terlihat jelas di salah satu lembar cover kitab muqorror (kitab acuan) mereka tertera nama beliau, yaitu kitab faroid yang mereka pelajari di semester 2 (takmilah zubdatul hadith). Kitab itu adalah karangan fenomenal beliau yang banyak digandrungi oleh banyak lembaga pendidikan, khususnya universitas kita tercinta dan merupakan kitab yang menyadur dari berbagai rujukan kitab faroid. Maka dari itu kitab ini dinamakan takmilah. Selain itu, yang menjadikan beliau lebih pepuler dikalangan kita juga, beliau adalah ayahanda dari habib yang mempunyai julukan “Singa Podium”, yaitu Habib Umar bin Hafidh. Hanya saja di sini tidak akan menyinggung secara detail tentang nasab keturunan beliau.

$ads={1}

Beliau adalah seorang mufti, penyebar islam sejati dan juga dijuluki seorang sejarawan dan pujangga. Beliau dilahirkan di kota yang berjulukan al Ghonna’ yaitu Tarim pada tahun 1332 Hijriah kurang lebih. Beliau berguru ke beberapa sesepuh Tarim atau para pemuka ulama Tarim, diantaranya; Al habib Salim (wafat: 1378 H) ayah kandung beliau sendiri. Lalu beliau menimba ilmu kepada kakek dari ibu beliau yaitu Al habib Ali bin Abdirrohman al masyhur (wafat: 1344 H). Beliau juga salah satu alumni dari Ribath Tarim yang pada waktu itu, beliau di bawah bimbingan Maha Guru al-Mufti Abdulloh bin Umar As-Syathiri, pemuka dari para ulama Tarim tempo dulu (wafat: 1361 H). Selain mereka, beliau juga berguru kepada ulama yang lain.

Para pelajar yang menimba ilmu kepada beliau juga banyak, dan yang kita tau dari mereka diantaranya; Syaikh Fadhol bin Abdirrohman ba fadhol (wafat: 1421 H), Syaikhuna Muhammad bin Ali Ba’udhon, dan juga Syaikhuna Muhammad bin Ali Al-Khotib. Mereka semua adalah dosen kita di Universitas Al-Ahgoff, tetapi kita tidak sampai merasakan masanya Syaikh Fadhol dan hanya bisa merasakan atsar yang beliau tanamkan kepada senior-senior kita.

Aktifitas semasa hidup beliau dahulu, selain menjadi orang yang dipatuhi keputusannya dalam sebuah perkara, beliau juga menjadi tenaga pengajar di Ribath Tarim, tempat beliau menimba ilmu dahulu. Beliau juga mempunyai serentetan jadwal mengajar di majlis yang diadakan di rumah beliau dan di beberapa masjid sekitar Tarim. Beliau mengajar juga disekolahan milik lembaga ukhuwwah wal muawanah.

Baca Juga: Biografi Singkat Imam Muhammad bin Ali Al-Faqih Al-Muqaddamm

Kepribadian beliau sangat luwes dan objektif, beliau bukan tipe figur yang ingin dicontoh. Sekalipun beliau orang yang tekun dalam menelaah sebuah permasalahan, beliau jarang sekali terlihat seperti seorang aktifis yang giat memanfaatkan waktunya untuk mengkaji sebuah ilmu. Beliau adalah pecinta makalah dan tahqiq, yang seharusnya tertanam di dalam diri kita juga sebagai mahasiswa.

Sesuai dengan cerita yang kita baca disebagian kitab tarjamah, beliau diceritakan mempunyai perangai yang sangat bijaksana. Tidak memandang seseorang dari bangsa mana atau kelompok mana berasal, beliau mempunyai sifat keterbukaan yang sangat lebar, sehingga pada suatu ketika, beliau disakiti oleh seseorang karena dianggap terlalu terbuka. Tetapi, beliau tidak peduli dengan cacian atau makian orang-orang tersebut dan tetap pada pendirian beliau, selalu melangkah untuk kebenaran walaupun dengan seribu cercaan dan makian.

Diceritakan beliau wafat secara syahid dan tidak bisa dipastikan kapannya. Karena kabar yang orang dengar, bahwa pada masa maraknya pemahaman marxisme di Yaman, beliau diculik oleh sekelompok golongan komunis saat berjalan menuju masjid untuk menunaikan solat jum’at pada tanggal 29 Dzulhijjah 1392 H. Setelah itu beliau tidak pernah terlihat lagi.

Di bagian terakhir ini, kami akan menyebutkan beberapa karangan beliau yang sudah dicetak ataupun masih manuskrip, kitab kitab karangan beliau adalah;

# Dalam bidang fiqih

– zubdatul hadith fi fiqhilmawarith

– Takmilat zubdatul hadith fi fiqh al mawarith (tercetak)

– Al miftah libabinnkikah (tercetak)

– Al nuqul as sihah ‘ala misykati al misbah (tercetak)

– Al fawaid at thaminah liqori’i al muktashor wassafinah (tercetak), dll.

Ini hanya sekelumit maklumat yang kami dapatkan, di sana masih banyak kitab tarjamah yang menceritakan beliau lebih panjang yang belum bisa kami sampaikan.

Penulis: Lutfi Abdul Haris, Mahasiswa Universitas al-Ahgaff, Tarim, Hadhramaut, Yaman.

Editor : Hendra, S

Demikian artikel " Mengenal Ayahanda Al Habib Umar bin Hafidz ( Biografi Habib Muhammad bin salim bin Hafidz ) "

Semoga bermanfaat bagi para pembaca...

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholii 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close