Zakat Fitrah Paling Aman Kepada Kyai

ZAKAT FITRAH PALING AMAN KEPADA KYAI

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Paling aman itu zakat kepada kiai. Kenapa? Karena sah dan tidaknya mereka yang nanggung.

Saya ingat guru saya almaghfurlah KH. Abdurrahman Syakur bercerita. Dulu ada orang datang kepada almaghfurlah Kiai Kholil Nawawi Sidogiri untuk berzakat fitrah.

Beliau menolak zakat tersebut. Beliau dawuh, "Ojo zakat nang aku sebab aku iki sugih" (jangan zakat kepada saya sebab saya ini kaya)

Jadi begitulah. Kalau kamu zakat kepada kiaimu koq mereka menerima maka yakinkan pasti mereka sedang dalam posisi mustahiq zakat. Lewat jalur mana? Ya ga usah tanya. Masak anda masih mau tanya, "Jenengan gharim apa bukan?"

$ads={1}

Tentu beda dengan zakat kepada orang lain yang kita sangka miskin namun nyatanya tidak miskin... . Maka zakat kita tidak sah. Bagaimana jika kita husnudzon sebagaimana kita husnudzon kepada kiai? Ya ga bisa. Bagaimana kita husnudzon kalau mereka tidak paham fikih?

Wes talaaaa. Paling aman zakat itu ya ke kiai......

Saya sendiri paling suka memberikan zakat saya kepada ustadz kampung yang miskin. Andai saya salah sangka, dan ternyata posisi mereka tidak miskin menurut pandangan syareat, ya paling tidak jatuhnya masuk golongan sabilillah (walau saya tidak biasa memakai pendapat ini). 

Kalau di sini kiai kampung itu ya guru ngaji. Ketika orang-orang sibuk mencari dunia, mereka disibukkan ngajar anaknya orang (yang sibuk cari dunia tadi) agar anak orang tersebut mengenal Allah. Jadi mereka tidak bisa bekerja. 

$ads={2}

Oleh : Kyai Nur Hasyim S Anam

Demikian Artikel " Zakat Fitrah Paling Aman Kepada Kyai "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close