Bolehkah Satu Ekor Kambing diniatkan Sebagai Akikah dan Kurban?

BOLEHKAH SATU EKOR KAMBING DINIATKAN SEBAGAI AKIKAH DAN KURBAN?

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Sebentar lagi akan memasuki Lebaran hari raya Idul Adha. Di mana pada hari ied adha bagi kaum muslimin yang mampu melakukan ibadah kurban. Hewan yang diperbolehkan untuk berkurban antara lain kambing, domba, sapi, kerbau dan jenis-jenis hewan kurban lainnya yang dibolehkan dalam syare'at.

$ads={1}

Lalu ada pertanyaan, Bisakah satu ekor kambing diniati sebagai Aqīqah sekaligus Qurban ?

• Menurut imām Ibnu Hajar al-Haitamiy rahimahuLlāh tidak bisa. Alasannya silahkan lihat ibarohnya di kitab  beliau, Tuhfat-ul Muhtāj, berikut ini:

وظاهر كلام المتن والأصحاب أنه لونوى بشاة الأضحية والعقيقة لم تحصل واحدة منهما وهو ظاهر؛ لأن كلا منهما سنة مقصودة ولأن القصد بالأضحية الضيافة العامة ومن العقيقة الضيافة الخاصة ولأنهما يختلفان في مسائل كما يأتي

 تحفة المحتاج ‎

• Sedangkan menurut imam Ar-Ramliy rahimahuLlāh bisa dan hasil kesunnahan untuk keduanya. Ibarohnya ada di kitab beliau, Nihāyat-ul Muhtāj, berikut ini:

ولو نوى بالشاة المذبوحة الأضحية والعقيقة حصلا خلافا لمن زعم خلافه

 نهاية المحتاج 

Di masa kesulitan ekonomi karena pandemi berkepanjangan seperti sekarang ini, mengikuti pendapatnya imam Ar-Ramliy dalam masalah ini lebih relevan.

Semoga Covid-19 segera berlalu.

(Kyai Umronuddin / Rumah Muslimin)

$ads={2}

Demikian Artikel " Bolehkah Satu Ekor Kambing diniatkan Sebagai Akikah dan Kurban? "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close