Jarangnya Materi Pembahasan Mengenai Nifaq dan Munafik di Majelis

JARANGNYA MATERI PEMBAHASAN MENGENAI NIFAQ DAN MUNAFIK DI MAJELIS

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Bahasan tentang nifaq dan munafiq merupakan bahasan yang jarang dibahas di masjid-masjid atau di berbagai pengajian. Entah kenapa di Jakarta dan sekitarnya, bahasan tentang nifaq dan munafiq ini seperti "tabu" untuk diangkat. Padahal, al-Qur'an banyak membahas sifat atau gambaran orang-orang munafiq. Setelah membahas di surat al-Baqarah, dilanjutkan di surat Alu Imran, lalu surat al-Nisā, dan ditutup dengan surat yang diberi nama al-Munāfiqūn. Jumlah ayat di dalam surat al-Munāfiqūn ini ternyata lebih banyak 3 kali lipat dibandingkan jumlah ayat di surat al-Kāfirūn. Tentu, ini menegaskan bahwa nifaq merupakan bahaya laten yang harus diwaspadai.

$ads={1}

Tidak banyak ulama yang membahas masalah nifaq dan munāfiq secara detail seperti yang ditulis oleh Syaikh Abdurrahman Hasan Habbanakeh ini. Ulama yang hidup sezaman dengan al-Allamah Syaikh Ramadhan al-Buthy ini mengulas fenomena nifaq dari banyak sisi. Tentang kepakaran Syaikh Abdurrahman Habbanakeh ini, tidak perlu diragukan lagi. Tulisan beliau tentang Aqidah Islamiyyah, Dzahirat ul-Nifāq, al-Makru al-Tsalatsah, Fiqhud Da'wah dan Pengantar Ilmu Mantiq, menegaskan keahlian beliau di bidang aqidah. 

Membaca bagian mukaddimah kitab setebal 2 jilid ini, hati dibuat tersentak. Pasalnya, jarang ulama yang mengatakan nifaq sebagai akhthar ul-Mashā'ib (musibah paling berbahaya) sepanjang sejarah perjalanan umat. Syaikh Abdurrahman Hasan Habbanakeh menyebut itu sebagai cara mengundang ketertarikan pembaca untuk melanjutkan pembacaan terhadap analisisnya tentang nifaq. Asumsi Syaikh Habbanakeh itu juga didasarkan kepada hadits riwayat Imam Ahmad dengan sanad yang shahih hingga Sayyidina Umar ibnu al-Khatthab radhiyallahu anhu, bahwa Sayyiduna Maulana Rasulullah bersabda: 

إِنَّ أخوفَ مَا أَخَافُ على أُمَّتِي كُلُّ مُنَافِقٍ علِيم اللسان

Sungguh keadaan yang paling aku takutkan dari umatku adalah (munculnya) orang munafik yang pandai dengan lisannya...

$ads={2}

Oleh : KH. Abdi Kurnia Djohan

Demikian Artikel " Jarangnya Materi Pembahasan Mengenai Nifaq dan Munafiq di Majelis "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close