Pentingnya Ngaji Kitab Agar Benar Dalam Berhujjah

PENTINGNYA NGAJI KITAB AGAR BENAR DALAM BERHUJJAH

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Dalam kurun waktu 20 tahun belakangan ini bermunculan orang-orang yang didaulat oleh masyarakat, sebagai ustadz atau tokoh agama. Mereka tampil di mimbar-mimbar masjid menyampaikan opini-opini tentang agama sesuai dengan pemahaman mereka terhadap al-Qur'an dan hadits. 

Di satu sisi, fenomena itu patut disyukuri karena ajaran agama ini disebarluaskan secara tidak terbatas. Tapi di sisi lain, fenomena itu juga mengundang sejumlah keprihatinan. Dakwah memang meluas tapi fiqih justru mengalami kemunduran. Da'i-da'i yang didaulat sebagai "guru" oleh masyarakat itu menyampaikan pemahaman yang kaku dan sempit tentang agama.

$ads={1}

Ayat-ayat al-Qur'an dan hadits yang mereka sampaikan justru kering dari ruh syariat dan fiqih. Masyarakat hanya disuguhi pemahaman yang tertulis di dalam teks agama. Padahal, teks agama bukanlah akhir dari pemahaman beragama. 

Penyampaian para da'i itu berbeda dengan penyampaian para muallim (guru) pada masa lalu. Walaupun tidak banyak ayat dan hadits yang dikutip, para guru itu menyampaikan agama dalam konteks fiqih yang benar. Itulah yang menyebabkan pemahaman umat Islam pada masa lalu lebih baik dari aspek fiqih dibandingkan umat Islam pada masa kini. 

Para muallim menyandarkan pemahaman mereka kepada kitab-kitab peninggalan para ulama. Merujuk kepada isi kitab-kitab menjelaskan penguasaan keilmuan para guru terhadap ilmu agama, dibandingkan sekedar mengutip ayat atau hadits tanpa pemahaman. 

$ads={2}

Dan tidak semua ustadz bisa menjelaskan isi kitab. Ada banyak sebab, kenapa tidak semua ustadz bisa menjelaskan isi kitab: 

1. Karena minimnya penguasaan ilmu alat;

2. Karena jarang membaca kitab-kitab karya para ulama;

3. Karena tidak pernah talaqqy kepada ulama atau orang yang lebih alim.

Oleh : KH. Abdi Kurnia Djohan

Demikian Artikel " Pentingnya Ngaji Kitab Agar Benar Dalam Berhujjah "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close