Jauhilah Ghibah, Namimah dan Adu Domba

JAUHILAH GHIBAH, NAMIMAH DAN ADU DOMBA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Salah satu dosa yang paling dibenci oleh Allah SWT adalah penyakit hati, diantaranya sifat sombong, iri, dengki dan lain-lain.

Berawal dari penyakit hati, maka timbulah perbuatan tercela lainnya, seperti Ghibah, namimah dan adu domba. Tentu perkara ini harus dijauhi oleh umat Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam. selain berdosa, perbuatan ini juga membuat hati dan hidup kita tidak tenang dan damai.

$ads={1}

Kalam imamul Haddad R.a 

(وإياك) والغيبةَ والنميمة والإكثارَ من المزاح، واجتنب سائر الكلام القبيح، وأمسك عن رديء الكلام كما تمسك عن مذمومه، وتفكر فيما تقول قبل أن تقول فإن كان خيراً فقل وإلا فاصمت.

وقال عليه الصلاة والسلام: "كل كلام ابن آدم عليه لا له إلا ذكر الله أو أمر بمعروف أو نهي عن منكر"

وقال عليه الصلاة والسلام: "رحم الله امرءاً قال خيراً فغنم أو سكت عن شر فسلم".

وقال عليه الصلاة والسلام: "إن الرجل ليتكلم بالكلمة ما يلقي لها بالاً يهوي بها أبعد من الثريا".

Jauhilah ghibah, namimah, adu domba, senda gurau dan setiap pembicaraan yang tidak bersusila. Pikirkan sebelum berbicara, jika baik, berbicaralah. Jika tidak baik, diamlah.

Sabda Rasulullah Saw. :

كُلُّ كَلَا مِ ابْنِ آدَمَ عَلَيْهِ لَا لَهُ إِلَّا ذِكْرِالِلَّهِ أَوْأَمْرًابِالْمَعْرُوْفِ أَوْنَهْيٌ عَنِ الْمُنْكَرِ.

“Setiap pembicaraan manusia menjadi tanggungjawabnya, kecuali berzikir kepada Allah Ta`ala, atau amar ma`ruf nahi munkar.” (Al-Hadits)

رَحِمَ اللَّهُ امْرَءًاقَالَ خَيْرًافَغَنِمَ أَوْسَكَتَ عَنْ شَرٍّفَسَلِمَ.

“Allah mengasihi seseorang yang membicarakan kebaikan, maka ia beruntung. Atau diam dari membicarakan kejahatan, maka ia selamat.” (HR. Ibnu Mubarak dari Khalid bin Imran)

$ads={1}

إِنَّ الرَّجُلَ لَيَتَكَلَّمُ بِالْكَلِمَةِ مَايُلْقَى لَهَابَالًايَهْوِىْ بِهَاأَبْعَدَمِنَ الثُّرَيًّا.

“Seorang laki-laki yang mengucapkan perkataan yang tidak berguna (bisa-bisa nanti) berkibat ia dimasukkan ke dalam neraka yang dalamnya lebih jauh dari bintang kejora (bumi).”

Semoga bermanfaat wallahu A'lam

Oleh: Habib Agil Al Atthas

Editor: Hendra, S

Demikian Artikel " Jauhilah Ghibah, Namimah dan Adu Domba "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close