Makna Syai' Lillah pada Lirik Qasidah Ya Tarim

MAKNA SYA' LILLAH PADA LIRIK QASIDAH YA TARIM

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Putri saya, Fiki Khadijatul Kubra, meski baru menginjak umur 9 bulan, sepertinya suka sekali dengan qashidah Ya Tarim Syai' Lillah. Setiap kali saya putar atau saya nyanyikan qashidah itu ia langsung tenang, atau ngoceh seolah mau menirukan.

Dan tadi, istri saya tanya, apa makna dari lafazh Syai' Lillah dalam qashidah itu?

Saya jadi teringat bahwa dalam kitab Qurratul 'Ain bi Fatawa Ismail Az Zain lafazh ini dijelaskan, begitu juga dalam kitab Bughyatul Mustarsyidin.

Dalam kitab Fatawa ini yang ditanyakan adalah adat bacaan setelah do'a tartib Fatihah, "Syai'un Lillah Al Fatihah". Apakah adat ini juga berlaku di daerah beliau dan apa makna dari bacaan itu?

Jawab beliau : Iya, bacaan itu mentradisi juga di daerah beliau, Yaman, juga di Hadhramaut, Mesir, Maroko, Syam, dan Hijaz, khususnya Haramain.

$ads={1}

Adapun makna dari bacaan itu, beliau menjelaskan;

ومعنى (شيء الله) مطلوبنا ومقصودنا شيء لله أي: يستمد لوجه الله إبتغاء واستمدادا لا لغيره ولا من غيره، ففيها اعتراف بأن الذي يسوق المطالب ويحقق المآرب في الحقيقة هو الله تعالى ، وإن أجرى ذلك على أيدي بعض عباده...

Syai'un Lillah (sesuatu milik Allah), kira² lengkapnya adalah "Maksud dan tujuan kami adalah sesuatu milik Allah", artinya kami mengharap pertolongan milik Allah, bukan milik yang lain, bukan pula pertolongan dari orang lain. Meskipun kadang Allah mewujudkan pertolongan itu melalui tangan hamba-Nya.

Jadi kalo makna ini dibawa ke qashidah kesukaan putri saya ini, meskipun yang dipanggil² adalah Tarim, Bildatil Auliya, Saqafuna Wali, Al Haddad wal 'Atthas, dan seterusnya, namun bukan berarti kami memohon madad kepada mereka, madad hanyalah dari Allah ta'ala, dan mereka adalah wasilah memperoleh madad itu.

Teks fatwa selengkapnya baca pada foto di bawah...

Oleh: Ustadz Ahmad Atho

Demikian Artikel " Makna Syai' Lillah dalam Lirik Qasidah Ya Tarim "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close