Turki dan Maroko: Qiraat, Mazhab dan Mushaf Al-Qur'an

TURKI DAN MAROKO: QIRAAT, MAZHAB DAN MUSHAF AL-QUR'AN

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Penduduk Turki mayoritas bermadzhab Hanafi, maka tidak heran jika Rasm Mushaf Al Qur'an yang dipakai adalah sesuai dengan Qiraah Imam 'Ashim riwayat Imam Hafsh Al Kufi. Karena Imam Hanafi, imam madzhab mereka, juga membaca dengan riwayat Imam Hafsh ini. Sama² berdarah Kufah.

Sedangkan penduduk daerah Maroko mayoritas bermadzhab Maliki, maka tidak aneh jika Qiraah dan Rasm Mushaf yang mereka pakai adalah riwayat Imam Warsy dari Imam Nafi', Imam Qiraah di Madinah Al Munawwarah. Imam Malik radhiyallahu 'anhu juga membaca dengan riwayat Imam Nafi' ini. Sama² Al Madani.

Masing-masing dari dua negeri itu memiliki Qiraah sendiri sesuai dengan pilihan Imam madzhab fiqih yang mereka anut. Lalu ketika masuk zaman mushaf dicetak dengan mesin, tidak lagi manual tulisan tangan, dan negara Islam yang pertama kali mencetak Al Qur'an dengan mesin adalah Negara Turki Utsmani, yang mana mereka menggunakan khat dan Qiraah riwayat Imam Hafsh, maka mushaf dengan Rasm dan Qiraah Imam ini menjadi semakin tersebar ke penjuru dunia Islam. Kebijakan Daulah Turki Utsmani yang kekuasaannya luas mempunyai andil besar dalam tersebarnya mushaf riwayat Hafsh ini.

$ads={1}

Bahkan katanya di negara Maroko, yang mushafnya pakai riwayat Imam Nafi', sampai ada pembatasan peredaran mushaf riwayat Hafsh ini, demi menjaga riwayat Warsy yang sudah dipakai di negeri ini sejak dulu. 

Dan tidak hanya di Maroko, pembatasan peredaran Mushaf riwayat Hafsh ini juga terjadi di negara Sudan, sebab penduduk negeri ini dari dulu memakai Mushaf Rasm riwayat Abu 'Amr Al Bashri.

Dari kitab Khath Mushaf As Syarif wa Tathawwuruh fil 'Alam Al Islami, hal. 14-15

Muslimin Nusantara madzhabnya Syafi'iyah, tapi Qiraahnya memakai mushaf dan riwayat Imam Hafsh, padahal Imam Asy Syafi'i Qiraahnya pakai riwayat Ibnu Katsir Al Makki.

Mungkin ini juga pengaruh dari penyebaran mushaf Turki Utsmani itu.

Oleh: Ustadz Ahmad Atho

Demikian Artikel " Turki dan Maroko: Qiraat, Mazhab dan Mushaf Al-Qur'an "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close