Keislaman Amr bin Fuhairah dan Bukti Perhiasan Raja Kisra


KEISLAMAN AMR BIN FUHAIRAH DAN PERHIASAN RAJA KISRA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Setelah Baginda Nabi shallallahu alaihi wasallama bersembunyi tiga hari tiga malam di Gua Tsur, dan selamat. 

Beliau shallallahu alaihi wasallam meneruskan perjalanan ke Madinah menyusuri pinggir pantai bersama Sahabat Abu Bakar RA., budaknya; Amir bin Fuhairah, serta salah satu penunjuk jalan musyrik yang di bayar Rasulullah shallallahu alaihi wasallama.

$ads={1}

Adalah Suraqah bin Malik yang kala itu tergiur hadiah seratus onta bagi pembunuh Nabi shallallahu alaihi wasallama menguntitnya! Hingga terjadi kejadian masyhur dimana berulang kali kudanya tergelincir dan tertelan bumi. Dan berkat doa serta ampunan Baginda Nabi shallallahu alaihi wasallama, ia selamat.

Peristiwa tersebut, membuat Suraqah bin Malik insyaf dan mengakui kenabian Kanjeng Nabi shallallahu alaihi wasallama. Serta beliau senantiasa mendapat perlindungan dari Allah Ta’ala.

Namun, sebelum berpisah, Suraqah meminta sebuah bukti khusus antara dia dan Rasulullah shallallahu alaihi wasallama.

“Apa yang kau kehendaki dari kami?” tanya Sahabat Abi Bakar atas perintah Nabi shallallahu alaihi wasallama.

“Tuliskan sebuah surat yang akan menjadi bukti kebenaran antara Aku dan Anda (Nabi shallallahu alaihi wasallama)” pinta Suraqah.

$ads={2}

Lalu Amir bin Fuhairah mengambil pena dan menuliskan sabda Nabi shallallahu alaihi wasallama untuk Suraqah di tulang atau papan:

كيف بك إذا لبست سراري كسرى؟!

“Bagaimana kelak, jika kau memakai perhiasannya Raja Kisra?!”

Dan, 

Kelak, waktu Sayyidina Umar mengalahkan Raja Kisra, membawa segala macam perhiasan rampasan beserta ikat pinggang serta mahkotanya. Tiba-tiba hatinya ingin memanggil Suraqah bin Malik. Dan perhiasan-perhiasan itu di pakaikan kepada Suraqah!

Allahumma shalli ala Sayyidina Muhammad!

Wallahu A’lam bis-Shawaab.

Di terjemah dengan penyingkatan dan penyesuaian bahasa dari Tarikhul-Khawadisnya Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki 27-29

Oleh: Ustadz Robert Azmi

Demikian Artikel " Keislaman Amr bin Fuhairah dan Bukti Perhiasan Raja Kisra "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close