Habib Nabiel Al Musawa: Jangan Salah Tafsir Mengenai Standarisasi Dai oleh MUI

HABIB NABIEL AL MUSAWA: JANGAN SALAH TAFSIR MENGENAI STANDARISASI DAI OLEH MUI

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Akhir-akhir ini, banyak perbincangan oleh para alim ulama mengenai standarisasi penceramah yang diperbolehkan menyampaikan kajian ataupun ceramah di depan publik. Tentu hal ini menjadi polemik oleh sebagian para Dai di Indonesia.

Al Habib Nabiel Al Musawa, selaku Wakil ketua komisi dakwah MUI memberikan statement mengenai standarisasi ulama yang digagas oleh MUI. berikut isinya

Oleh: Al Habib Nabiel Al Musawa

Sering banyak yg salah tafsir.. Buat apa ada Standardisasi Da'i oleh Majelis Ulama..? Klo Da'i maka bebas aja Yg penting kan berdakwah adalah tugas agama..?

Perkataan ini tidak salah sepenuhnya, tp juga tidak benar sepenuhnya.. MUI adalah representasi dari seluruh Ulama dari seluruh Ormas Islam yg ada di Indonesia & bukan milik 1 atau beberapa ormas Islam saja..

Mk wajar jk sebagai payung besar semua ormas Islam & Ummat.. MUI mengajak pd seluruh Ormas Islam untuk mengikuti standardisasi.. Buat apa..? Supaya ada kesamaan persepsi diantara seluruh ormas Islam.. Supaya ada persatuan diantara seluruh ormas Islam & tdk saling menyalahkan antara satu dg lainnya..

Disamping itu, tuntutan zaman saat ini di berbagai negara memang mau berdakwah perlu ada keterangan dari pemerintah dari negara asal ttg siapa orang ini.. Saat saya diundang oleh @majelisrasulullahsaw_sg, pemerintah Singapura meminta surat dari negara asal yg menyatakan saya layak berdakwah disana..

$ads={1}

Demikian juga ke beberapa negara, sudah mulai diberlakukan kewajiban adanya surat keterangan dari lembaga berkompeten (MUI) dari negara asal.. Mk MUI sebagai lembaga non pemerintah mengambil inisiatif melakukannya, sb klo dilakukan oleh Kemenag nanti dikatakan Dai menjadi underbouw pemerintah..

Dan memang kewajiban MUI mempersatukan semua ormas dibawahnya untuk berdakwah sesuai kompetensi & standar bagi Dai.. Hingga para Dai tidak salah menyampaikan dakwah atau membawa fikroh2 yg tak sesuai dg manhaj Islam itu sendiri..

AlhamduliLLAAH standardisasi MUI ini sudah angkatan ke-7 hari ini.. Dan semoga ke depannya para Dai bs makin kompak & saling bekerjasama dlm hal2 yg disepakati dlm Islam.. Dan saling menghormati dlm hal2 yg diperselisihkan dlm syariat.. ALLAAHumma aamiin yaa RABB.. 

Source: dikutip melalui akun Instagram Habib Nabiel Al Musawa

Demikian Artikel " Habib Nabiel Al Musawa: Jangan Salah Tafsir Mengenai Standarisasi Dai oleh MUI "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close