Biografi Dr. Syauqi Abu Khalil dan Karyanya

BIOGRAFI DR. SYAUQI ABU KHALIL DAN KARYANYA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Masih dalam rangka “menghidupkan” kembali sirah ulama, meskipun hanya sekejap biografi hidup mereka yang dapat ditorehkan dalam ruang singkat ini. Saya menyadari biografi singkat ini tidak akan memberikan ulama itu haknya secara penuh, namun seperti yang dikatakan kaedah “maa la yudroku kulluhu laa yutroku kulluhu”, yakni kalau tidak bisa semuanya minimal sebagian atau sekelumit saja lah, dari pada tidak sama sekali.

Bagi saya “soan” kepada ulama, guru dan kyai walau hanya sekejap akan membuat hati sakinah, hidup selalu merasa optimis, bersemangat dan termotivasi, laksana baterai seperti baru dicas, (minimal itu yang diharapkan).

Kali ini ulama Damaskus yang akan kita soan tidak biasa disebut syeikh atau kyai, tak pernah ia mengenakan jubah bertorbus atau berkopyah besar dan bersorban panjang, tapi para kyai/ulama sering menjadikan ia sebagai rujukan melalui buku-buknya, khususnya dalam sejarah Islam dan peradaban, ia adalah sejarawan asal Palestina dan dosen sejarah Islam kami di Fakultas Syariah Universitas Damaskus, yaitu almarhum Dr. Shawqi Abu Khalil.

$ads={1}

Kalangan akademisi atau para santri di pesantren mungkin tidak asing lagi dengan beliau yang banyak menulis buku-buku sejarah yang sebagiannya telah diterjemahkan ke dalam bahasa dunia termasuk ke Bahasa Indonesia.

Dr. Shauqi Abu Khalil lahir di Beisan, Palestina, pada tahun 1941. Ia menyelesaikan studi di Fakultas Sastra Jurusan Sejarah Universitas Damaskus pada tahun 1965, kemudian S3 (doktoral) diperoleh dari Azerbaijan National Academy of Sciences di Azerbaijan.

Kemudian, beliau mengabdi sebagai guru sejarah di berbagai sekolah menengah di sejumlah provinsi Suriah. Beliau juga pernah mengajar sejarah Peradaban Islam dan Orientalisme pada Fakultas Dakwah (Cabang Damaskus) di Mujamma’ Syekh Ahmad Kaftaro antara (1986-1988 M). Dosen Fakultas Syariah Universitas Damaskus (1988-1997). 

Disamping itu, beliau juga bertugas sebagai pimpinan redaksi penerbit kenamaan Dar Al-Fikr Damaskus dari tahun 1991 sampai dengan tanggal wafatnya. 

Teringat, hal yang membuat kami terkesan, senyumannya yang selalu menghiasi wajahnya. Suatu yang unik beliau saat mengajar selalu membawa kapur tulis warna-warni dan menggambar pelajaran yang akan diajar dengan penjelasan yang mengasyikan,  diperkaya dengan gambar berwarna, memperjelas topik pelajaran yang beliau presentasikan. 

Beliau wafat pada hari Selasa, 24 Agustus 2010 kemudian dishalatkan pada Rabu di Masjid Tariq bin Ziyad Ruknuddin, Damaskus dengan diimami oleh Prof. Dr. Abdul Fattah alBizm, Mufti Damaskus, sejumlah ulama, warga dan murid-murid beliu turut menyalatkan dan mengatarkan ke peristiratan terakhir. 

Diantara Karyanya: 

- Al-Islam fi Qafasil Ittiham

- Hijrah Ghayara Majra al-Tarikh

- Araa Yahdamuhal al-Islam

- Al-Insan Bayna al-Ilm wa ad-Din

- Islam al-Tafahum wa a-Ta’ayush bayna Syu’ub 

- Hadarat al-Arabiyah dan al-Islamiyah 

- al-Islam Nahrun Yabhas an al-Majra, dan banyak karya/buku lainnya berupa silsilah termasuk atlas-atlas keislaman dan lainnya. 

$ads={2}

Semoga Allah Ta’ala mencurahkan rahmat-Nya kepada Dr. Shawqi Abu Khalil, dan semoga membalas segala jasa-jasanya yang almarhum ketengahkan bagi umatnya. Kerahmatan juga dicurahkan kepada guru-guru kita semua yang telah mendahului kiat  (DAT, 21 06 2021)

Oleh: Ustadz Amiruddin Thamrin

Demikian Artikel " Biografi Dr. Syauqi Abu Khalil dan Karyanya "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close