Jangan ikuti orang yang hatinya telah lalai dari Dzikir

JANGAN IKUTI ORANG YANG HATINYA TELAH LALAI DARI DZIKIR

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Dalam surat Al Kahfi 28, Gusti Allah dawuh :

(وَاصْبِرْ نَفْسَكَ مَعَ الَّذِينَ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ بِالْغَدَاةِ وَالْعَشِيِّ يُرِيدُونَ وَجْهَهُ ۖ وَلَا تَعْدُ عَيْنَاكَ عَنْهُمْ تُرِيدُ زِينَةَ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ۖ وَلَا تُطِعْ مَنْ أَغْفَلْنَا قَلْبَهُ عَنْ ذِكْرِنَا وَاتَّبَعَ هَوَاهُ وَكَانَ أَمْرُهُ فُرُطًا)

"Dan tingkatkan kesabaran njenengan dengan mengikuti jalan para ahli dzikir yang senang bermunajat kepada Gustinya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridhoan-Nya, dan janganlah kedua mata njenengan berpaling dari mereka (karena) lebih mengharapkan kenikmatan dunia ini, dan janganlah njenengan mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari dzikir kepada Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan sehingga keadaannya itu melewati batas"

Dawuh Mbah Sahal At Tustury, yang dimaksud ghaflah (lalai) di sini adalah membuang waktu sia-sia dengan perbuatan yang memadamkan nur qolbu. Bagi qolbu, ada ribuan jalan yang mampu mematikan qolbu yang akhirnya dapat memutuskan diri kita dengan rahmat Gusti Allah, dan ada ribuan jalan pula yang mampu menghidupkan qolbu yang mampu mempertemukan kita dengan Dzat Gusti Allah. Kelalaian itulah yang mematikan qolbu dan penghambaan itu yang menghidupkannya.

$ads={1}

Ada kisah wali di zaman Nabi Musa yang bernama Bal'am bin Baroroh atau Mbah Barseso. Beliau dikenal ahli dzikir dan punya banyak karomah luar biasa. Namun karena bujukan istrinya yang sudah terbujuk iming2 harta, Mbah Barseso sekejap lalai dari dzikirnya. Kelalaian Mbah Barseso yang hanya sekejap itu jadi penyebab copotnya iman karena kematian qolbunya. Imannya Mbah Barseso dicabut lalu disematkan pada qolbunya anjing shohibul kahfi yang bernama Qithmir dan diabadikan kisahnya dalam surat Al Kahfi sebagai anjing yang mulia derajatnya, sehingga kelak anjing Qithmir itulah yang bertemu Dzat Gusti Allah di akhirat.

Nah, gak heran Mbah Sholeh Darat mencela orang-orang yang di hatinya masih ada sombong dan mata duitan (kedonyan) kayak saya. Beliau dawuh, jangan suka rumangsa (merasa) mulia di dunia, kedudukan anjing itu lebih mulia daripada kedudukan sampeyan di mata Tuhan. Sek apik asu timbang dapuranmu, gitu kalau orang Surabaya bilang mbah.

O ya, kita juga dianjurkan membaca surat Al Kahfi tiap malem Jumat mbah, dengan niat ikut Kanjeng Nabi. Nah, itu baru sunnah rasul di malem Jumat.

Demikian Artikel " Jangan ikuti orang yang hatinya telah lalai dari Dzikir "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close