Kisah Rasulullah SAW merestui Pernikahan Abah Guru Sekumpul

KISAH RASULULLAH SAW MERESTUI PERNIKAHAN ABAH GURU SEKUMPUL

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Beberapa hari terakhir ini baru saja diperingati Haul Abah Guru Sekumpul (Guru Zaini Abdul Ghani Sekumpul) yang bertempat di Martapura, Kalimantan Selatan.

Guru Sekumpul atau yang juga dikenal sebagai Tuan Guru Ijai semasa hidupnya dekat dengan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Abah Guru Sekumpul pernah duduk sebagai Rais Syuriah PBNU pada masa PBNU dipimpin oleh Gus Dur.

$ads={1}

Bagi seseorang yang dekat dengan Khaliq (Waliyullah) selalu ada cerita yang luar biasa. Mengenai kehidupan dan perjalanan hidup Abah Guru Sekumpul, berikut kisah pernikahan Abah Guru Sekumpul yang diridhoi oleh Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam:

Keinginan Abah Guru Zaini utk menikah muncul kira-kira diusia 33 tahun. Ketika akan menyampaikan hal tersebut, Beliau khawatir justru malah akan menambah beban pikiran orang tuanya karena kondisi saat itu serba kurang

Di tengah kegundahan itu, sesorang Habib di Martapura, ada kontak batin dengan Abah Guru Zaini hingga Habib tersebut bermimpi Rasulullah Saw. Dalam mimpinya Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam berkata:

"Itu Zaini, dia mau menikah, dia rajin baca shalawatku, dia rajin memujiku, mengajarkan ilmuku, bantu dia dan kamu harus turun tangan."

Ketika terbangun, sang Habib bergegas menuju ke rumah Guru Zaini untuk musyawarah dengan orang tua Abah Guru juga dengan Syekh Muhammad Semman Mulia dan disetujui. Beliau berdua menyarankan utk sowan Syekh Muhammad Syarwani Abdan (Guru Bangil) 

$ads={2}

Stlh bertemu, maka Guru Bangil menyarankan agar secepatnya menemui K.H Hamid Pasuruan utk memohon restu. Tiba di Pasuruan kebetulan hari Jumat biasanya dirumah K.H Hamid ada pembacaan Burdah, maka Guru Zaini pun mengikuti kegiatan majelis Burdah tersebut. Selesai majelis tak disangka KH. Hamid memanggil Guru Zaini dan mengatakan apa yg dimaksud oleh Guru Zaini Beliau setuju dan memberikan izin serta doa restunya

Ibunda Beliau Masliyah dan adik Beliau ibu Rahmah memilihkan pasangan hidup bernama Juwairiyah binti H. Sulaiman

Setelah semua urusan selesai tibalah waktu pernikahan tersebut. Pagi itu Guru Zaini di turunkan dari rumah ayah angkat Beliau Al-Habib Zein bin Muhammad Al-Habsyi. Guru Zaini didampingi banyak orang serta digandeng oleh KH. Badrudin dan Syekh Semman Mulia, menuju rumah keluarga mempelai wanita. Pernikahan penuh barokah ini dihadiri oleh para Habaib dan banyak Tokoh Alim Ulama Martapura

Wallahu a'lam kurang lebihnya

Demikian Artikel " Kisah Rasulullah SAW merestui Pernikahan Abah Guru Sekumpul "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close