Hukum Bertanya Masalah Agama kepada Anak Kecil

HUKUM BERTANYA MASALAH AGAMA KEPADA ANAK KECIL

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Dalam sebuah video yang beredar, Khalid Basalamah seorang ustadz bermazhab wahabi mengatakan bahwa jika ingin melihat di mana Allah maka tanyakan kepada anak kecil. Sebab anak kecil masih belum terkontaminasi dengan hal-hal apapun, dengan begitu ia akan menjawab secara fitrah " Allah berada di langit ".

Sangat amat konyol jika pembahasan masalah agama merujuk kepada anak  kecil yang tidak mengerti apa-apa, apalagi ini masalah akidah. Tidak boleh kita bertanya masalah agama kepada orang yang belum sempurna akalnya, termasuk anak kecil. Sebagaimana Firman Allah SWT dalam Al-Qur'an Surah An Nisa ayat 5:

وَلَا تُؤْتُوا السُّفَهَاءَ

Dan janganlah kamu serahkan kepada orang-orang yang belum sempurna akalnya.(Q.S an Nisa ayat 5)

Baca JugaSiapa yang Menafikan Istiwa'?

Ayat ini Jelas Membantah hujjah yang disampaikan oleh Khalid Basalamah, Kata Sayiduna Ibnu Abbas رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ Wanita dan anak-anak Ialah Golongan Tak Sempurna akal. Maka jelas, Khalid basalamah keliru jika memberikan suatu contoh jawaban untuk bertanya kepada anak-anak.

Bukan hanya Khalid basalamah saja, ulama wahabi lainnya yakni Muhammad ibn Jamil juga mengatakan hal yang serupa: Anak-anak jika kamu bertanya kepadanya dimana Allah ‎ﷻ maka mereka akan menjawab dengan fitrah mereka yang sehat bahwa dia ada di langit (Muhammad ibn Jamil Zainu, Taujihat Islamiyah, Kementerian Wakaf Saudi Arabia, hal. 22)

$ads={1}

Kesimpulan

Khalid Basalamah dan Ulama Wahabi lainnya yang bertanya kepada anak kecil dimanakah Allah‎ﷻ lalu dia menunjuk keatas, maka itu bukan jawaban fitrah & akidah, tapi ( غير العاقل ) alias Kurang Akal / Tidak Sempurna yang tidak bisa dijadikan hukum.

Kita temukan di sini kelompok Wahabi membangun aqidahnya di atas apa yang mereka "klaim" sebagai fithrah yang sehat yang dimiliki anak-anak.

Oleh: Rumah-Muslimin

Demikian Artikel " Hukum Bertanya Masalah Agama kepada Anak Kecil "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close