Obat dan Racun pada Sayap Lalat

OBAT DAN RACUN PADA SAYAP LALAT‎

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Pada hewan lalat terdapat racun/penyakit, sekaligus terdapat obatnya.

Dalam Kitab Tuhfat-il Muhtāj, imām Ibnu Hajar rahimahu-Llāh menuqil hadits shahīh:

"Jika ada lalat jatuh ke dalam minuman salah seorang dari kalian, hendaknya ia membenamkan seluruh bagian tubuh lalat itu, lalu angkatlah. Karena pada salah satu sayap lalat terdapat penyakit (racun), dan pada sayap lainnya terdapat obatnya".

Imām Asy-Syarwāniy rahimahu-Llāh dalam kitab Hāsyiyahnya menuqil dawuhnya imām Al-Khatīb Asy-Syirbīniy rahimahu-Llāh, beliau menjelaskan bahwa sayap lalat yang terdapat penyakit itu adalah sayap yang sebelah kiri.

$ads={1}

Lebih lanjut imām Asy-Syarwāniy berkata: 

Berpijak pada dawuhnya imām Al-Khatīb Asy-Syirbīniy tsb, jika lalat yang masuk ke dalam minuman itu sudah dalam keadaan buntung sayap kirinya, maka tidak (disunnahkan) untuk membenamkannya, karena sudah hilang alasan untuk membenamkannya.

Bahkan jika didasarkan pada qiyas keharaman bangkai selain lalat, maka haram membenamkan lalat yang sudah buntung sayap kirinya, karena sudah hilangnya alasan yang menuntut untuk membenamkannya.

Wa-Llāhu Ta'ālā Wa RasūluHu A'lam

«إذَا وَقَعَ الذُّبَابُ فِي شَرَابِ أَحَدِكُمْ فَلْيَغْمِسْهُ كُلَّهُ ثُمَّ لِيَنْزِعْهُ فَإِنَّ فِي أَحَدِ جَنَاحَيْهِ دَاءً وَفِي الْآخَرِ شِفَاءً» 

 تحفة المحتاج 

🖌(قَوْلُهُ فَإِنَّ فِي أَحَدِ جَنَاحَيْهِ دَاءً) أَيْ وَهُوَ الْيَسَارُ اهـ خ ط عَلَيْهِ فَلَوْ قُطِعَ جَنَاحُهَا الْأَيْسَرُ لَا يُنْدَبُ غَمْسُهَا لِانْتِفَاءِ الْعِلَّةِ بَلْ قِيَاسُ مَا هُوَ الْمُعْتَمَدُ مِنْ #حرمة_غمس غَيْرِ الذُّبَابِ حُرْمَةُ غَمْسِ هَذِهِ الْآنَ لِفَوَاتِ الْعِلَّةِ الْمُقْتَضِيَةِ لِلْغَمْسِ اهـ ع ش.

حاشیة الشروانی ‎

Tuhfat-ul Muhtāj | Hawāsyi Asy-Syarwāniy

Oleh: Umronuddin

Demikian Artikel " Obat dan Racun pada Sayap Lalat "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close