Pakar Metalurgi: Pedang Salahuddin Al-Ayyubi Pedang paling Tajam di Dunia

PAKAR METALURGI: PEDANG SALAHUDDIN AL-AYYUBI PEDANG PALING TAJAM DI DUNIA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Pedang yang diakui sebagai yang paling tajam di dunia oleh ahli metalurgi. Ketajamannya mampu menembus armor seorang crusader, memotong dua pedang, membelah perisai dan batu tanpa merusak mata mereka.

Kehebatan pedang Damaskus dan dikenal sebagai pedang Persia telah melampaui kehebatan pedang Katana Jepang dan pedang Excalibur milik Raja Arthur. Pedang ini terbuat dari besi Damaskus dengan teknik rahasia dilapisi CNT (Carbon Nanotubes) yang membuatnya sangat tajam dan fleksibel.

Seni rahasia pembuatan pedang ini sangat dikagumi oleh suku-suku Barat dan studi metalurgi modern hingga saat ini, masih gagal menghasilkan pedang berteknologi tinggi (teknologi NANO) peradaban Islam pada abad ke-12.

Apa itu CNT?

CNT adalah rantai atom karbon yang dihubungkan bersama dalam bentuk silinder heksagonal dengan diameter sekecil 1-2 nanometer. Silinder CNT ini dapat mencapai panjang puluhan mikron dan ditutup pada ujungnya seperti pipa yang ditutup pada kedua ujungnya.

Karakterisasi material ini juga menjelaskan bahwa CNT memiliki kekuatan paling tinggi dibandingkan material lainnya. Ini juga memiliki sifat konduktif listrik pada tembaga dan logam. Keunikan lain dari karbon nanotube adalah tahan terhadap suhu tinggi dan memiliki massa yang lebih ringan dari aluminium.

Teknologi Nano

Kehebatan pedang Salahuddin Al-Ayyubi telah dibongkar oleh Prof Dr Peter Paufler dari Jerman. Profesor menemukan CNT di pedang bersama dengan senjata yang digunakan oleh tentara Islam pada saat Perang Salib.

CNT ini membuat pedang tentara Islam sangat tajam namun mudah ditekuk. Teknologi NANO ini menggunakan besi Damaskus, disebut juga wootz. Bijih besi ini mengandung beberapa ratus unsur Karbon.

$ads={1}

Selain besi dan karbon, unsur-unsur seperti kromium, mangan, dan kobalt juga ditambahkan untuk menambah kekuatan, ketajaman, dan kelenturan.

Salahuddin Al-Ayyubi memimpin tentara Islam di Tentara Salib abad ke-12.

Teknik pembuatan pedang ini sangat rahasia sehingga hanya beberapa keluarga pandai besi Damaskus yang menguasainya. Akhirnya, pada abad ke-18, teknologi untuk membuat pedang ini mati.

Yang tersisa hanyalah pedang, tombak, dan pisau yang kini tersebar di berbagai museum di seluruh dunia. Sekedar mengingatkan kita bahwa teknologi besar peradaban Islam ini telah hilang ditelan waktu.

Sumber: Berbagai Sumber

Demikian Artikel " Pakar Metalurgi: Pedang Salahuddin Al-Ayyubi Pedang paling Tajam di Dunia "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close