Hukum Membaca Iyyaka Na'budu Tanpa Mentasydid Huruf 'Ya' dalam Shalat

MEMBACA IYYAKA NA'BUDU TANPA MENTASYDID HURUF 'YA' DALAM SHALAT

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Apakah membaca IYYAKA NA'BUDU tanpa mentasydid huruf Ya'-nya bisa membatalkan shalat? 

Dalam surat Al Fatihah ada 14 tasydid, barangsiapa menggugurkan salah satu saja (tidak membacanya) maka shalatnya batal. Bahkan jika tidak membaca tasydid pada lafazh IYYAKA (sehingga dibaca IYAKA) dengan sengaja dan tahu maknanya maka ia telah murtad/ kafir, karena maknanya adalah cahaya matahari. (Sehingga ayat ini berarti : "Hanya kepada cahaya matahari-Mu aku menyembah dan hanya kepada cahaya matahari-Mu aku memohon pertolongan")

Kitab Balabilus Shadihah fi Aghshani Suratil Fatihah, hal. 112 

Dalam catatan kakinya ada komentar dari muhaqqiq :

Kalo Imam Ibnu Hajar Al Haitami, beliau meredaksikan 

بطلت قراءته بل قد يكفر

"Batal bacaannya bahkan bisa saja jadi kafir" 

$ads={1}

Syech Muhammad bin Sulaiman Al Kurdi menjelaskan bahwa redaksi "bisa saja jadi kafir" memberi pengertian bahwa bisa juga membaca IYAKA tanpa tasydid itu tidak menyebabkan kafir. Karena dalam Syarah kitab Al 'Ubab dijelaskan bahwa bisa kafir itu jika sengaja menghendaki makna "cahaya matahari", namun jika maksud ia membaca tanpa tasydid itu mengikuti qiraah syadzah, yang menyatakan bahwa IYAKA dibaca tanpa tasydid sebab untuk menghindari tsiqal/ beratnya baca tasydid yang jatuh setelah kasrah, maka bacaan seperti ini hanya haram saja (tidak sampai menyebabkan murtad). Lalu jika demikian sekarang masalah bergeser, apakah bacaan demikian bisa membatalkan shalat?. Mungkin tidak membatalkan, karena jika maksudnya mengikuti qiraah syadzah maka maknanya tidak berubah, maknanya tetap "hanya kepada-Mu". Dan mungkin juga membatalkan, karena qiraah syadzah yang mengurangi huruf itu bisa membatalkan meski tidak merubah makna, dan menghilangkan tasydid sama dengan menghilangkan satu huruf. Namun kemungkinan pertama, tidak membatalkan shalat, ini lebih mendekati kebenaran.

Oleh: Ahmad Atho

Demikian Artikel " Hukum Membaca Iyyaka Na'budu Tanpa Mentasydid Huruf 'Ya' dalam Shalat "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close