Berapa Kali Nabi Muhammad SAW Melaksanakan Isra' Mi'raj?

BERAPA KALI NABI MUHAMMAD SAW MELAKSANAKAN ISRA' MI'RAJ?

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Terjadi khilaf baina Ulama. 

Imam Abu Syamah rahimahullah berpendapat Isra' mi'raj terjadi berulang kali, berdasar hadits riwayat Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu. Namun pendapat ini mendapat banyak isykalan dari Al Hafizh Ibnu Hajar Al Asqalani. 

Dan banyak ulama lain berpendapat bahwa Isra' mi'raj terjadi dua kali. Diantara ulama yang berpendapat demikian adalah Imam Abu Nashr Al Qusyairi, Al Baghawi, As Suhaili, yang juga mendapat pembenaran dari guru beliau Al Qadhi Abu Bakar Ibnul Arabi, dan pendapat ini juga yang dikuatkan oleh Imam An Nawawi dalam Fatawa beliau. Isra' mi'raj terjadi dua kali ini yang pertama dalam mimpi Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dan yang kedua terjadi dalam keadaan beliau terjaga.

$ads={1}

Pertama yang terjadi dalam mimpi Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam adalah sebagai pemanasan, agar beliau tidak syok saat terjadi dalam keadaan terjaga, karena Isra' mi'raj adalah peristiwa yang teramat dahsyat. Hal ini sama dengan awal kenabian beliau. Sebelum turun mandat kenabian Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam, sebagai pemanasan agar beliau tidak terlalu terguncang saat Jibril menyampaikan mandat itu, maka ada pemanasan terlebih dahulu dengan mimpi, mimpi ini disebut sebagai Ar Ru'ya As Shadiqah. 

Dari kitab Wahuwa bil Ufuqil A'la, Abuya Sayyid Muhammad bin Alawi Al Maliki, hal. 150 

Oleh: Ahmad Atho

Demikian Artikel " Berapa Kali Nabi Muhammad SAW Melaksanakan Isra' Mi'raj? "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close