Hishnul Hashin, Nama Lain dari Ratib Al-Haddad

HISHNUL HASHIN, NAMA LAIN DARI RATIB AL-HADDAD

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Tahukah njenengan, nama lain dari Ratibul Haddad ini adalah hishnul hashiin (حصن الحصين) atau terjemahan bebasnya adalah bentengnya benteng atau yang memperkuat benteng. Ada alasan mengapa disebut demikian, mbah.

Setelah dzikir pujian, minta ampunan dan sholawat, dalam rangkaian dzikir ke 9 hingga selanjutnya, merupakan doa minta perlindungan atau isti'adzah. Doa isti'adzah ini banyak disinggung oleh Imam Nawawi dalam Adzkar Nawawi, di situ banyak dicantumkan berbagai doa isti'adzah. Doa ini menjadi pelengkap perlindungan kita dari segala marabahaya baik lahir maupun batin. Doa-doa inilah yang menjadi perantara perlindungan, dikenal ampuh karena sudah teruji oleh para ulama dan para wali. Maka tidak salah Ndoro Habib Abdullah Al Hadad menjadikan doa-doa tersebut sebagai bagian dari Ratibul Hadad. 

Dzikir ke 9 ini adalah :

أعوذ بكلمات الله التآمات من شر ما خلق

"Aku berlindung dengan perantara kalimatillah dengan segala kesempurnaan-Nya dari setiap gangguan keburukan makhluq"

Doa ini bukan doa karangan Shohibur Ratib bukan pula sembarang doa, tapi merupakan doa nabawiy atau berdasarkan hadits Kanjeng Nabi. Dari Sayyidina Abu Hurairah, beliau bercerita, suatu hari seseorang datang ke hadapan Kanjeng Nabi SAW, lalu matur, "Duh, Kanjeng Rasul, kemarin saya disengat kalajengking, apa yang perlu saya lakukan?"

$ads={1}

Kanjeng Nabi dawuh, "Usap lukanya sembari mengucap doa "A'udzu bikalimatillahit taammaati min syarri maa kholaq" maka bisa kalajengking itu dan semua bahaya tidak akan membahayakan sampeyan,"

Dalam dawuh Kanjeng Nabi Muhammad SAW yang lain, diriwayatkan beliau juga dawuh, sesiapa yang mengucap doa "A'udzu bikalimatillahit taammaati min syarri maa kholaq" tiga kali, maka tidak akan tersentuh kejahatan di malam itu. Mbah Ibnu Sunni mensyarahi bahwa yang dimaksud kejahatan itu adalah kejahatan semua hal, baik dari yang berwujud atau tidak, baik dari lahir maupun batin. 

Mugi manfaat. 

Oleh: Fahmi Ali N H

Demikian Artikel " Hishnul Hashin, Nama Lain dari Ratib Al-Haddad "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close