Kisah Mantan Wahabi Bertaubat karena Ilmu dan Akhlak Syaikh Azhar Ahmad Thayyib

KISAH MANTAN WAHABI BERTAUBAT KARENA ILMU DAN AKHLAK SYAIKH AZHAR AHMAD THAYYIB

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Di suatu hari ada salah seorang murid Maulana Syeikh Syahawi bercerita tentang kisah masa lalunya yang bermanhaj salafi wahabi, mengkafirkan ulama-ulama besar suni, menganggap semua orang salah kecuali hanya dirinyalah yang benar. Kemudian beliau sangat menyesali perbuatanya dan sampai sekarang rajin untuk mendoakan dan menfatihai ulama-ulama yang pernah beliau salahkan.

Kemudian beliau lanjut bercerita : Dulu sebab aku menjadi salafi adalah televisi, karena dulu yang tampil di tv kebanyakan adalah masayikh wahabi, sebenarnya masyarakat mesir mayoritas sufi, karena ajaran inilah yang turun temurun dari dulu. Kemudian ketika itu, al azhar pernah redup dan tidak terlalu dianggap di Mesir, sehingga sangat minim pengaruh masayikh azhar disini. 

Baca Juga: Kisah Kyai Nawawi Kesal dengan Seorang Wahabi

Hingga datanglah Syeikhul Azhar Ahmad Thayyib sebagai penghidup al azhar dan mengembalikan kewibawaan al azhar yang pernah ada, beliau banyak membuat program yang sangat hebat, beliau memang pendiam dan tidak terlalu banyak bicara, akan tetapi apabila sekali dawuh semua orang mendengarkanya, beliau sangat ditakuti di pemerintahan, dan sangat dicintai oleh masyarakat Mesir karena ilmu dan akhlaknya yang sangat mulia.

Kemudian beliau lanjut bercerita sebab beliau taubat dari ajaran wahabi : Aku bertaubat dari wahabi adalah karena ilmu dan akhlak syaikhina syahawi. Kalau kamu tau, banyak temanku seperjuangan berbelok dari ajaran salafi karena beliau, bagaimana tidak, beliau sangat menyayangi kami, beliau tidak pernah menyinggung hal yang dipermasalahkan antara dua kubu, beliau alim allamah, dan karena itu kami berfikir akan jalan yang telah kami jalani sekarang, yang kami rasakan hanyalah keras dalam hati, tidak ada nikmat agama islam yang katanya penuh kasih sayang antar sesama. 

$ads={1}

Syaikhuna telah berhasil menggabungkan antara fiqih zohir dan batin, wirid beliau ketika masih khalwat adalah kitab-kitab tasawuf imam ghazali, dan ihya'lah yang sangat beliau gandrungi, jalan beliau hanyalah mengajar dan menjelaskan tanpa harus menghardik sana sini. Hingga saat ini, banyak yang hadir di majlis beliau dari saudara kita salafiy. Beliau pernah dawuh yang kurang lebih manknanya begini : Tugas kita hanyalah mengajar dan menjelaskan ilmu, dan bukan menghina sana sini. Yang penting mereka mau ngaji, kalau berubah ya baik dan kalau belum berubah semoga segera berubah.

Metode ini sangatlah ampuh, terbukti dari banyak teman salafi yang kukenal dan berubah menjadi sufi karena beliau. Banyak metode ulama dalam menyampaikan ajaranya, semoga kita mampu dan pantas untuk meniti jalan yang telah beliau-beliau lalui.

Oleh: Ade Rizal Kuncoro

Demikian Artikel " Kisah Mantan Wahabi Bertaubat karena Ilmu dan Akhlak Syaikh Azhar Ahmad Thayyib "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close