Alasan Kenapa Genealogi Kitab Mazhab Syafi'i Bermuara dari Mukhtashar Al Muzani

ALASAN KENAPA GENEALOGI KITAB MAZHAB SYAFI'I BERMUARA DARI MUKHTASHAR AL-MUZANI,

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Berikut Faidah Ilmiah dari Almukarram ابا نسام ,, terjemahan dari potongan teks kitab "Al-Mu'tamad 'inda Syafi'iyyah" yang pertama kali kami ketahui setelah dinampakkan matan-nya oleh Aba dalam salah satu perjalanan, dimana saat itu beliau memberikan uraian panjang lebar layaknya di bale beut, padahal kondisinya dalam perjalanan. 

Ini terjemahan dari teks kitab yang ada di foto;


{{ Kitab Al-Umm merupakan rujukan yang sangat penting dalam memahami nash Imam Syafi'i yang jadid. Hanya saja, Fuqaha' Syafi'iyyah tidak memberikan banyak perhatian dalam membuat turunan dari kitab ini berupa syarah, ringkasan, atau ta'liq. Bahkan umumnya minat mereka (dalam membuat kitab turunan) tertuju kepada Mukhtashar Al-Muzani. Ini jelas merupakan sesuatu yang layak dipelajari. 

Kitab Al-Umm yang dicetak saat ini merupakan hasil penyusunan ulang yang dilakukan oleh Siraj Al-Bulqini (w 805H), dimana beliau menyusun kitab Al-Umm sesuai dengan sistematika yang umumnya berlaku pada kitab-kitab dalam mazhab Syafi'i mengikuti pola Mukhtashar Al Muzani dalam urutan bab dan masalah fiqhiyyah. Hal ini disebabkan karena (yang bertugas mencatat imla' kitab Al-Umm), yaitu Rabi' (Al-Muradi) tidak mengurutkan isi kandungannya sesuai bab-bab fikih, melainkan meriwayatkannya dengan tanpa tertib.

$ads={1}

Imam Al-Isnawi menilai bahwa faktor utama dari kurangnya perhatian Ulama Syafi'iyyah terhadap kitab Al-Umm adalah tidak berurutan masalah-masalahnya, suatu faktor yang membuat mereka tidak sempat melihat kebanyakan dari nash sehingga terjatuh dalam penyimpangan nash.

Imam Al-Isnawi berkata: "Sebab terjadinya perbedaan dari para Ashab terhadap Imam mereka adalah kitab-kitabnya tidak berurutan isi kandungannya. Sering sekali disaat terdapat suatu judul bab, kandungan materinya malah banyak tersebar pada bab-bab lain secara terpisah. Kebanyakan kitab seperti ini tidak dapat dinikmati manfaatnya dari penulisnya kecuali oleh orang-orang yang memperhatikan kitab ini setelah selesai penulisannya. Ia mendudukkan keseluruhan isi Kitab itu di hadapannya, lalu memperhatikan kitab itu, dimana setiap kali muncul masalah yang ingin diteliti, ia membuka berbagai bab dan mengamatinya (satu per satu). Karena faktor inilah, para Ashab kurang minat mengamatinya."}}

Al-Mu'tamad 'inda Syafi'iyyah, Hal 123

Oleh: Muhammad Iqbal Jalil

Demikian Artikel " Alasan Kenapa Genealogi Kitab Mazhab Syafi'i Bermuara dari Mukhtashar Al Muzani "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close