Hewan Favorit Ulama Mutakallimin

HEWAN FAVORIT ULAMA MUTAKALLIMIN

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Ketika Syeh Saeed Fodah datang ke Malaysia tahun 2018 diantara skedjule Beliau adalah melihat "Gajah", ketika mendengar itu sayapun langsung menerka-nerka dalam pikiran saya: " apa hubungan antara ilmu kalam & gajah? jangan-jangan itu adalah hewan favorit mutakallimin!".

Karena sepengetahuan saya terhadap Syeh Saeed beliau tidak berbuat apapun kecuali biasanya ada sebab dibaliknya jarang yang saya lihat perbuatan Beliau A'batsan atau I'thibathon seperti ketika saya satu mobil (kereta) dengan beliau & beliau menwarkan saya makan kacang oven kemudian Beliau berkata : ya syekh zain silahkan makan kacang, ini adalah ghizaul mutakallimin ( makanan/ cemilan mutakallim), Sebab inilah yang membuat saya ragu terhadap hewan gajah ini, ada apa gerangan antara gajah & ilmu kalam?!.

Akhirnya saya memberanikan diri bertanya kepada Syeh saaed : ya syekhona apakah gajah itu hewan favorit mutakallimin? kemudian syeh saaed balik bertanya: kenapa anda bertanya tentang gajah?saya jawab : karena anda ingin melihat gajah diMalaysia & setiap perbuatan anda pasti ada hubungannya dengan ilmu kalam, mendengar ini Syeh Saeed menjawab dengan tertawa & sedikit bercanda ( moyoki) menggunakan ilmu kalam: Saya ingin melihat gajah karena menuruti keinginan anak saya sahaja, tidak ada maksud lain & jangan terlampau banyak berkhayal macam ibn taimiyah ketika mentafsirkan perkataan-perkataan ulama padahal jawabannya lebih simple daripada apa yang dia bayangkan.

kemudian syeh saeed mengatakan juga bahwa memang ada beberapa hewan yang sering dijadikan contoh oleh mutakallimin di kitab-kitab mereka seperti Singa & "Gajah", Imam Ghozaly & beberapa filosof kontemporer menggunakan gajah ketika menjelaskan masalah ta'addud diniyah, adapun singa/hewan buas disebutkan dalam permulaan kitab al-Iqtishod al-Imam Ghozali.

$ads={1}

Dari sedikit percakapan ini saya mendapat banyak sekali faedah & bahwa memang ada beberapa hewan yang sering dijadiakan contoh karena sifat-sifat khas yang ada pada hewan tesebut yang dianggap bisa mempermudah untuk memahami qoidah kalamiyah, kemudian contoh dalam sebuah ilmu hanya digunakan untuk membantu memahami qoidah ketika tingkat kesusahan qoidah tersebut diatas qoidah-qoidah yang lain pada umumnya( sebab itulah contoh biasanya disebutkan dalam syuruh & hawasy bukan matan) & ini belaku  untuk semua fak ilmu bukan pada ilmu kalam sahaja.

inilah makna Ibaroh mutakallimin: المناقشة في المثال ليست من دأب المحققين.

Semoga ALLAH menjaga para guru-guru kita dari segala marabahaya.

Oleh: Habib Ali Baqir al-Saqqaf

Demikian Artikel " Hewan Favorit Ulama Mutakallimin "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah 

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close