Adab Berdebat Dalam Islam

ADAB BERDEBAT DALAM ISLAM

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Perdebatan atau diskusi yang sehat itu tidak akan sah dan menampakkan kebenaran sampai kedua belah pihak berada dalam satu martabat atau yang berdekatan dengannya dalam agama, faham, kecerdasan akal dan inshof, jika tidak, itu hanya debat kusir dan sombong sombongan..

Sebelum berdebat, sebenarnya kita harus mengukur diri dan lawan bicara, apakah kita pantas untuk itu atau apakah lawan kita layak untuk diajak berdebat?

Jika iya maka harus tetap mengindahkan adab debat dan  pastinya harus ilmiyah..

Jika tidak maka lebih baik tinggalkan..Karena mudhorotnya lebih besar dari manfaat yang ditimbulkan..

Tidak semua orang yang mengajak berdebat itu wajib dan harus kita layani, bahkan saat kita betul betul menguasai masalah itu, ada beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan demi sebuah kemaslahatan bersama, lebih lebih saat kita tau kapasitas kita yang sangat minim di bidang itu, kalau dilayani malah akan memperkeruh masalah..

Imam Syafii mengatakan,

من إذلال العلم أن تناظر كل من ناظرك و تقاول كل من قاولك..

[مناقب الشافعي للبيهقي، ٢\١٥١]

"Diantara bentuk merendahkan ilmu adalah engkau selalu mendebat orang yang mengajakmu berdebat dan selalu membantah orang yang membantahmu"

$ads={1}

Di sisi lain seharusnya kita harus sadar diri, siapa diri kita?, di level manakah keilmuan kita?, di tingkatan manakah kitab kita?, dan ilmu apakah yang benar benar sudah kita mutqinkan?..

yaah..klok kita perhatikan ini, mungkin kita akan sangat malu untuk melayani debat debat itu..

Tapi ada beberapa keadaan yang memang kita harus menampakkan kebenaran saat itu, lagi lagi ini bagi orang yang memang benar benar pantas, ahli, dan berkompeten di bidangbya, ini pun dalam rangka menjelaskan kepada ummat akan kerancauan yang terjadi. Inilah tugasnya 'alim.

Adapun kita yang awam selayaknya tidak ikut campur sehingga berpotensi nantinya menimbulkan masalah yang baru..

Apalagi ada yang membuka diri untuk didebat dan mengajak orang lain untuk berdebat..

Semoga Allah memberikan kita sifat tau diri..

Oleh: Amru Hamdany

Demikian Artikel " Adab Berdebat Dalam Islam "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close