Pentingnya Hadir di Majelis Orang Saleh

PENTINGNYA MENGHADIRI MAJELIS ORANG SALEH

Al-Habib Umar bin Hafizh bercerita :

Diceritakan bahwa Syaikh Salim bin Sa'ad bin Sumair kagum dengan seorang yang dikenal didesanya sebagai ahli maksiat dan ahli riba'. Dahulunya Syekh Salim sering mengajak orang tersebut untuk menghadiri majelis beliau, namun orang itu dengan angkuh menolaknya. Akan tetapi hari ini, ia datang ke majelis Syaikh Salim dan menyatakan bertaubat kepada Allah سبحانه وتعالي atas dosa-dosa yang pernah ia lakukan.

Semasa hidupnya ia menjadi seorang rentenir, ia menghutangi banyak orang dengan bunga pinjaman yang harus dibayar oleh orang yang berhutang padanya. Ia pun meminta kepada Syaikh Salim untuk membantunya bertaubat dan berniat mengembalikan seluruh riba' pinjaman kepada orang-orang yang telah berhutang padanya. Maka Syaikh Salim pun mendatangi rumahnya dan membantunya dalam bertaubat kepada Allah.

Rentenir itu kemudian mengikrarkan taubatnya, dan mengembalikan semua harta hasil riba' yang telah diambil dari orang-orang yang pernah berhutang padanya. Jika ia tidak mengetahui siapa pemilik uang yang ada ditangannya itu, maka ia shodaqohkan dan ia niatkan untuk pemiliknya.

Setelah mengembalikan harta riba' yang ada ditangannya, keadaan orang tersebut semakin baik. Ia selalu sibuk berdzikir kepada Allah سبحانه وتعالي, ia rutin shalat berjamaah di Masjid, membaca Al-Quran dan menghadiri Majelis ilmu, sehingga cahaya Allah memancar didalam hatinya.

Selang tiga hari setelah bertaubat, orang tersebut meninggal dunia. Dan Syaikh Salim kagum terhadapnya, beliau berkata didalam hatinya: "Sungguh mulia orang ini, ia diberi hidayah untuk dapat bertaubat sebelum wafatnya, dan meninggal dalam keadaan husnul khatimah".

Selang beberapa hari kemudian, Syaikh Salim datang ke rumah guru beliau, yaitu Al-Habib Hasan bin Shaleh Al-Bahr. Al-Habib Hasan bertanya kepada Syaikh Salim: "Wahai Salim, mengapa beberapa hari ini kau tak datang ke majelisku?". Maka Syaikh Salim menceritakan hal yang dialaminya dengan seorang rentenir yang bertaubat itu.

$ads={1}

Syaikh Salim sibuk membantu orang tersebut untuk menghitung uang-uang riba yang ada ditangan rentenir itu, untuk kemudian dikembalikan kepada pemiliknya satu persatu, ia juga meminta maaf kepada semua orang yang didzaliminya. Namun tiga hari kemudian orang tersebut meninggal.

Maka Al-Habib Hasan bin Sholeh berkata: "Wahai Salim, tahukah engkau dengan sebab apa ahli maksiat itu mendapatkan husnul khatimah, sehingga ia dapat bertaubat sebelum wafatnya?".

Syaikh Salim menjawab: "Aku tidak tahu wahai guru, mengapa tiba-tiba dia datang ke majelisku dan menyatakan taubatnya".

Maka Al-Habib Hasan mengatakan: Dahulu, rentenir itu pernah menghutangi seseorang yang ada di desa ini dengan sistem riba'. Saat tiba masanya, ia datang ke desa ini untuk menagih orang yang berhutang padanya, namun ia tak mendapati orang yang berhutang itu di rumahnya.

Keluarganya berkata: "Dia sedang menghadiri majelis AlHabib Hasan bin Shaleh Al-Bahr, temui dia disana!". Maka rentenir itu bergegas datang ke majelisku di hari selasa, bukan untuk menuntut ilmu ataupun mencari barokah, namun ia datang untuk menagih hutang.

Pada saat itu Aku telah melihat Rahmat Allah سبحانه وتعالي turun meliputi majelisku. Rahmat tersebut mengenai para hadirin termasuk juga rentenir itu, maka aku berkata didalam hatiku: "Orang itu telah mendapat rahmat Allah, ia tidak akan meninggal, kecuali telah bertaubat kepada Allah سبحانه وتعالي".

____________________________________________

Begitu istimewanya hadir dalam majlis-majlis ilmu, majlis orang-orang sholeh maupun majlis kebaikan lainnya yang dimana disitu Alloh turunkan hujan rohmad bagi yang menghadirinya. Salah satu contoh kisah diatas menunjukkan Alloh tidak tebang pilih bagi setiap hambanya yang mau menghadiri majlis tersebut, baik dalam niat mencari ilmu, tabarruk, maupun tanpa niat.

Berniat menagih hutang saja mendapat rohmad apalagi berniat mencari keridloan Alloh...???

Mudah-mudahan Alloh gerakkan hati kita, jasad kita untuk senantiasa tertaut dan menghadiri majlis-majlis ilmu,majlis orang sholeh maupun majlis kebaikan lainnya yang dimana setiap majlis tersebut kita senantiasa mendapat guyuran rohmat dari Alloh سبحانه وتعالي

Oleh: Mbah Mulyo

Demikian Artikel " Pentingnya Hadir di Majelis Orang Saleh "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close