7 Adab Makan Dalam Islam Yang Wajib Diketahui

7 ADAB MAKAN DALAM ISLAM YANG WAJIB DIKETAHUI

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Adab makan yang dirangkum Imam Ghazali dalam kitab Ihya’nya juz 2 hal 3-4, ada tujuh:

1. Makanan harus halal, baik dari dzatiahnya atau cara pencariannya.

2. Membasuh tangan, bahkan kalau bisa berwudhu dahulu. Sebab sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, “Berwudhu sebelum makan, bisa menghilangkan kefaqiran (kerugian) dan berwudhu setelah makan bisa menghilangkan al-lamam (dosa kecil)”.

3. Makanan ditempatkan diatas wadah makan (Bisa berupa kulit seperti zaman kanjeng Rasul shallallahu alaihi wasallam). Kata Imam Ghazali, andai langsung diletakkan di atas bumi tanpa meja makan, malah itu yang paling mendekati apa yang dilakukan beliau shallallahu alaihi wasallam. Namun, jika tidak begitu, baik dengan meja makan, pakai piring, pakai rampatan, ya ndak masalah, bukan termasuk bid’ah yang di larang, makruhpun tidak, sebab kata Imam Ghazali, bid’ah yang dilarang itu jika melanggar dua sisi:

a. Berlawanan dengan sunnah yang telah di tetapkan.

b. Menghilangkan/mengabaikan perintah syar’i, toh padahal ‘illat/sebabnya masih relevan.

$ads={1}

4. Duduk yang baik. Tahu tidak?! Baginda Nabi shallallahu alaihi wasallam itu, kalau makan, kadang duduknya hatssa (membungkuk/berlutut) dengan menempelkan kedua telapan kakinya di bumi, atau kadang menekuk kaki kanan sembari melipat kaki kiri menempel bumi. Sabda beliau shallallahu alaihi wasallam, “Aku tidak mau makan dengan muttaki’an (bersandar/bertelekan pada), sebab aku adalah hamba. Maka aku makan dan duduk layaknya seorang hamba sahaya”.

5. Niat makan untuk menguatkan badan ketika melakukan ketaatan pada Gusti Allah ta’ala.

6. Ridha dengan rizki yang ada.

7. Berusaha mencari teman makan, walau dengan istri dan anaknya. Sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, “Berkumpullah untuk makanan kalian, maka dalam makananmu akan diberi sebuah keberkahan”, dan, ‘Sebaik-baiknya makanan adalah yang banyak tangannya”.

Baca juga: Hukum Menerima Undangan Makan di Hari Raya Imlek

Nah, dalam lembar berikutnya, tepatnya halaman 6 cetakan Thaha Putra. Imam Ghazali juga merangkum kesunnahan usai makan yang biasa dilakukan Kanjeng Rasul shallallahu alaihi wasallam lewat hadis ahlilbait, “Tahan sebelum kenyang, jilati jemari setelah makan, usap dengan sapu tangan (tisu), lalu basuh dengan air, dan jika ada makanan yang tercecer, ambil (selama tidak kotor dan kena najis). Dan Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ‘Yang memakan makanan yang tercecer dari rampatan hidangannya, maka akan hidup dengan rizki lapang, serta putra-putrinya akan diampuni Gusti Allah ta’ala’”.

Oleh : Ustadz Robert Azmi

Demikian Artikel " 7 Adab Makan Dalam Islam Yang Wajib Diketahui "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close